Ini Untungnya Berbisnis Lewat E-commerce Enabler!

Posted By smartcomputerindo | 30 July 20 | Productivity

Tren digitalisasi meningkatkan adopsi berbagai platform digital, salah satunya e-commerce. Bagi UMKM dan bisnis kecil yang belum memahami ekosistem digital, e-commerce dapat menjadi pedang bermata dua. Maka, peran e-commerce enabler sangat penting bagi para pemula yang akan menjajaki dunia e-commerce. 

Apa itu E-Commerce Enabler

E-commerce enabler adalah perusahaan yang menyediakan layanan strategi digital A-Z suatu bisnis yang ingin memperluas layanan mereka secara online. Strategi digital ini mencakup pembuatan konten, laman resmi pada marketplace, hingga segala transaksi di marketplace tersebut. Sebut saja integrasi kanal penjualan online hingga proses mengirim produk ke tangan konsumen.

 

Rupixen.com/Unsplash

 

Banyak pedagang atau pengusaha membutuhkan waktu lama untuk mempelajari seluk beluk e-commerce atau marketplace. Dengan menggunakan jasa e-commerce enabler, mereka tetap dapat mencicip manfaat berjualan secara online tanpa harus melakukan manajamen online store yang melelahkan.

 

Keuntungan E-Commerce Enabler Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan di atas, e-commerce enabler memegang peran signifikan dalam mempermudah proses transaksi online, terutama pada marketplace. Anda dapat melewatkan beragam step yang membingungkan dan menyerahkan operasional dan teknis marketplace pada jasa perusahaan ini.

 

  1. Asisten E-Commerce Terpercaya

Charles Deluvio/Unsplash

 

E-commerce enabler berperan sebagai asisten atau partner Anda dalam mengelola online store. Perusahaan ini akan membantu Anda menyiapkan rencana awal online store sampai eksekusi menjalankan operasional harian. 

 

Perusahaan ini adalah solusi terlengkap dalam melayani kebutuhan bisnis. Sebut saja proses logistik mulai dari pemroses pesanan, pengemasan, pengiriman hingga layanan pengembalian. Perusahaan ini juga menyediakan tempat untuk menyimpan produk Anda.

 

E-commerce enabler akan mempermudah proses Anda menjalin koneksi dengan beragam e-commerce dan marketplace, dalam rangka mendapatkan slot promo terbaik bagi produk Anda.  Perusahaan ini sangat baik dalam menciptakan campaign, meningkatkan brand awareness dan online presence bagi UMKM dan bisnis Anda.

 

  1. Memperkuat Hubungan dengan Konsumen

Anna Shvets/Pexels

 

Saat ini, konsumen semakin berhati-hati dalam memilih produk atau jasa yang akan mereka akses. Untuk itu, diperlukan sebuah layanan dan sistem yang terorganisir dan transparan. Marketplace telah memiliki fitur-fitur yang mendukung kriteria ini, misalnya tracking order dan customer service. Peran E-Commerce Enabler adalah menjalankan fungsi-fungsi ini dengan semaksimal mungkin.

 

Perusahaan ini akan membantu proses transaksi online pada digital store berjalan tanpa hambatan. Perusahaan ini akan memastikan pemenuhan pesanan dan pengiriman barang sesuai dengan tanggal yang tertera. Hal ini tentu akan meningkatkan kepercayaan customer yang menjadi aspek penting dalam pengelolaan Customer-relationship management.

 

E-commerce Enabler juga dapat menyediakan admin customer service profesional yang menjamin pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan. Hal-hal ini dicapai melalui respon yang cepat, manajemen komplain yang baik serta integrasi informasi yang menyeluruh.

 

  1. Membantu Penyusunan Strategi Digital

Pixabay/Pexels

 

E-commerce enabler memiliki tim in-house yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan promosi. Sebut saja copywriter dan designer berpengalaman yang dapat membantu branding bisnis Anda jadi lebih menarik. Anda bahkan dapat meminta mereka untuk mengurus iklan digital. 

 

Jasa e-commerce enabler meliputi analisis bisnis, membantu meningkatkan visibilitas merk, hingga menciptakan konten yang sesuai target market. Rata-rata dari perusahaan ini bersifat fleksibel, maksudnya adalah layanan dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

 

 

  1. Membangun Rencana Bisnis Berkelanjutan

Pixabay/Pexels

 

Evaluasi adalah aspek penting dalam setiap bisnis. E-commerce Enabler juga mengcover hal ini melalui laporan pasca mengeksekusi layanan digital pada online store Anda. Laporan yang dimaksud meliputi laporan transaksi dan penjualan, stock keeping unit, serta analisis kompetitor. Data ini sangat penting dalam membantu Anda memutuskan rencana bisnis Anda di masa depan, termasuk hal apa yang perlu diperbaiki atau menjadi fokus.

 

Sumber

https://inet.detik.com/business/d-4838885/mengenal-ecommerce-enabler-apa-sih-itu

https://www.sciecomm.com/id/2019/04/05/apa-itu-e-commerce-enabler-dan-apakah-bisnis-anda-membutuhkannya/

https://www.eannovate.com/blog/2149_mengembangkan-bisnis-anda-melalui-e-commerce-enabler.html

https://www.viva.co.id/digital/digilife/1197855-hasrat-e-commerce-enabler-indonesia-jadi-nomor-1-di-asia-tenggara

http://www.soundbirth-app.com/2019/05/22/manfaat-ecommerce-enabler/