Be Smart in Investment Opportunity, Agar Tak Terjebak Investasi Bodong

Posted By smartcomputerindo | 01 March 21 | Event

 

 

TECHMinar Kreen Indonesia berhasil bertajuk Be Smart in Investment Opportunity berhasil menarik satu kesimpulan penting dalam tren investasi. Ada strategi yang diperlukan agar investasi bisa cuan dan tak terjerumus pada investasi bodong.

 

Adhi Budiarso selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan (PKSK) RI mengatakan bahwa investasi menjadi kunci pemain dalam menyeimbangkan penanganan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi di era pandemi. Demand dan supply tampak kembali menggeliat, beberapa jenis investasi seperti emas kembali dilirik.

 

Pemerintah pun turut mempopulerkan investasi di masyarakat dengan memberikan pilihan instrumen yang aman. Contoh ORI17 dan SR013. Buktinya, banyak investor muda dari generasi millennial yang makin tertarik menjajaki dunia investasi.

 

Staf Kementerian Ristek sekaligus Kepala BRIN, Danang Rizky Ginanjar memberikan perspektif menarik tentang hubungan riset dan investasi. Menurutnya, ide-ide kreatif yang dimiliki kawula muda sebaiknya mulai dikerjakan karena berpotensi mendapat pendanaan sebagai bentuk investasi jangka panjang.

 

Sebagai perusahaan yang terlibat langsung dengan aktivitas investasi dan instrumennya, Bernard Wijaya dari Sucor Sekuritas dan Willy Sanjaya dari Koinworks tak mau ketinggalan memberikan pendapatnya. 

 

Bernard menyebut konsep investasi saham sebagai seni yang bergantung pada risk profile. Anda perlu mengenali diri Anda sendiri, apakah termasuk tipe yang ingin untung cepat atau jangka panjang? Hal ini akan mempengaruhi pilihan instrumen investasi Anda. Jika Anda mempunyai preferensi untuk melirik investasi saham, baca istilah saham yang harus diketahui pemula.

 

Untuk memulai investasi, menurutnya bisa dimulai dengan menabung secara rutin. Trik untuk pemula agar mampu disiplin, bisa diakali dengan menabung satu kali saja dalam sebulan namun dengan besaran tertentu. Langkah selanjutnya adalah melakukan hal tersebut secara konsisten dalam jangka waktu minimal 5 tahun.

 

Willy Sanjaya membuka perspektif baru bahwa investasi tak harus dalam bentuk trading. Koinworks adalah platform yang memfasilitasi Anda untuk menjadi penyedia dana bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Tentu, Anda bisa memperoleh keuntungan dari proses ini setelah melalui prosedur yang ada. Jika masih tertarik untuk melakoni trading, baca terlebih dahulu artikel mengenai positive expectancy dalam trading.

 

Pendapat unik lainnya berasal dari Finansialku, lembaga perencanaan keuangan. Mario Agustian selaku CMO Finansialku mengandaikan investasi sebagai kendaraan menuju impian. Ia menyebutkan pentingnya memahami cara mengendarai dan medan yang akan dilewati sebelum memilih tipe kendaraan.

 

Ketiga speakers utama menyepakati bahwa asal Anda memahami risk profile, tujuan investasi, return & risk setiap instrumen investasi, dan telah mampu mengelola uang Anda dengan baik termasuk ketersediaan dana darurat, Anda sebetulnya telah siap untuk menjajal investasi. Pasalnya, momentum IHSG terkoreksi ini tidak datang dua kali. 

 

Dengan mindset, perencanaan keuangan, kedisiplinan, serta kehati-hatian dalam mempertimbangkan resiko dan keuntungan serta legalitas dari instrumen, Anda tak perlu lagi khawatir bakal terjebak pada investasi bodong.