Pisang Raket vs Sale Pisang, Cemilan yang Serupa Tapi Tak Sama

Posted By smartcomputerindo | 17 December 20 | Merchant Highlight

Mendengar nama sale pisang, Anda mungkin tak lagi asing. Namun bagaimana dengan istilah pisang raket? Ternyata olahan pisang raket sama saja dengan sale pisang yang digoreng. Saatnya berkenalan lebih lanjut dengan camilan nikmat asal Aceh ini!

Pisang Raket, Pisang Unik yang Jadi Komoditas Aceh

Steemit

 

Pisang raket adalah salah satu produk andalan yang menjadi komoditas asal Aceh, salah satunya Kawasan Industri Aceh Ladong. 

 

Pisang raket adalah pisang yang dibelah kemudian disusun menjadi bentuk seperti rakit (alat transportasi yang biasa dipakai untuk menyeberangi sungai). Pisang raket menjadi salah satu produk olahan yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat Ladong, khususnya kaum ibu-ibu.

 

Proses pembuatan pisang raket ini terbilang sangat unik. Mulai dari proses pengelupasan pisang, penjemuran dan penggorengan, hingga pengemasan.

 

Para ibu-ibu ni harus rela menunggu pisang yang dibawa para tengkulak, namun terkadang pisang yang ditawarkan tak semua dapat dibeli untuk pembuatan pisang raket. Pasalnya, pisang yang dipakai harus benar-benar berkualitas. 

 

Setelah memperoleh pisang yang sesuai standar, ibu-ibu Ladong akan mengolahnya dengan peralatan tradisional. Pisang yang dipotong secara tipis akan dilapisi dengan tepung. Selanjutnya pisang-pisang tersebut dirakit di atas daun satu per satu lalu digoreng.

 

Meski proses pembuatannya detail dan membutuhkan keterampilan, pisang raket lokal awalnya dijual dengan harga yang sangat murah, yakni Rp800 per buah. 

 

Pisang Raket vs Sale Pisang

Wikimedia Commons

 

Sale pisang adalah makanan tradisional yang terbuat dari buah pisang melalui proses pengeringan atau pengasapan. Camilan khas Aceh ini punya cita rasa manis dan aroma khas pisang yang sangat cocok dihidangkan bersama teh atau kopi. Tak heran banyak yang mencarinya sebagai buah tangan karena tastenya yang cocok untuk semua usia.

 

Terdapat 3 cara membuat sale pisang. Pertama, cara tradisional dengan menggunakan asap kayu. Kedua, cara pengasapan dengan memakai asap belerang. Ketiga, cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit. 

 

Proses pengasapan dengan menggunakan belerang berguna untuk memucatkan pisang supaya diperoleh warna yang dikehendaki, mematikan mikroba (jamur, bakteri), dan mencegah perubahan warna. Mutu sale pisang sangat dipengaruhi oleh tingkat ketuaan buah, jenis, dan mutu pisang segar yang diolah.

 

Bentuk fisik sale pisang tidak mulus karena daging pisang mengalami efek pengeringan yang berbeda. Daging yang tingkat kemasakannya kurang akan menghasilkan sale pisang berwarna lebih terang dibanding area daging pisang yang masak yang warnanya kekuningan atau kecoklatan. 

 

Umumnya, sale pisang dijual dalam bentuk dua macam, yakni sebagai sale basah dan sale pisang goreng. Sale basah memiliki citarasa manis dan legit, sedangkan sale pisang goreng lebih renyah dan terasa gurih karena melalui proses penggorengan terlebih dahulu dengan dilumuri tepung terigu.

 

Jenis pisang raket yang menjadi komoditas aceh lebih sering diolah dengan cara-cara yang serupa dengan sale pisang goreng. Pisang raket umumnya adalah olahan pisang yang diasapi kemudian digoreng sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat. 

 

Anda tertarik mencoba pisang raket yang sering disamakan dengan sale pisang goreng? Anda bisa mencobanya sekarang tanpa harus jauh-jauh ke Aceh. Penjualan online di Smartcomputerindo melayani pengiriman pisang raket Bangket ke seluruh nusantara lho! Pesan pisang raket Bangket Anda untuk cemilan sore maupun oleh-oleh bagi sanak saudara di sini!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=YrWiDwAAQBAJ&pg=PA264&dq=sale+pisang+goreng&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjrvMaYktTtAhU58XMBHZfNAKIQ6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=sale%20pisang&f=false

https://plut.acehprov.go.id/index.php/news/read/2019/04/29/37/bertahan-hampir-10-tahun-pisang-raket-nyaris-tanpa-identitas.html#:~:text=Pisang%20Raket%20yang%20merupakan%20pisang,satu%20alat%20transportasi%20di%20sungai).