Manfaat USB OTG untuk Kemudahan Pekerjaan!

Posted By smartcomputerindo | 10 August 20 | Productivity

USB OTG alias USB On-The-Go adalah perangkat yang memudahkan transfer data dari ponsel ke laptop atau PC. Dalam bisnis besar maupun kecil, smartphone seringkali dipakai menyimpan data atau informasi penting, sehingga keberadaan USB OTG sangat penting dalam memfasilitasi pergerakan data dalam waktu cepat. Jika sudah memastikan ponselmu kompatibel dengan USB OTG, ini manfaat USB OTG yang bisa kamu dapatkan untuk mendukung kemudahan pekerjaan!

 

  1. Mencetak Dokumen Penting tanpa Laptop

tipspintar.com

 

Selama ini, Anda tak pernah bisa terlepas dari file atau dokumen yang perlu dicetak dalam waktu cepat. Bagaimana jika suatu saat Anda kelupaan membawa laptop atau laptop Anda mengalami kerusakan? USB OTG drive membuat Anda bisa memanfaatkan smartphone yang selalu berada di saku Anda dengan maksimal.

 

Manfaat USB OTG yang tak banyak diketahui orang adalah mencetak dokumen tanpa memerlukan PC atau laptop. Sambungkan OTG USB dan Kabel USB Printer ke Android. 

 

Pastikan printer Anda memiliki fitur plug and play. Selanjutnya, Anda perlu mengunduh aplikasi tambahan seperti Star Print atau Printer Share untuk melanjutkan proses. Bila ingin mencetak beberapa dokumen atau foto secara bersamaan, Anda memerlukan koneksi MTP atau PTP.

 

  1. Mengoperasikan Smartphone dengan Mouse dan Keyboard Wireless maupun Tidak 

Gusinfo.com

 

Mengoperasikan smartphone dengan mouse dan keyboard sekarang bukan lagi sesuatu yang mustahil. Salah satu manfaat USB OTG adalah menyambungkan ponsel dengan beragam perangkat wireless atau berkabel. Nantinya, seluruh perangkat ini bisa dipakai untuk menavigasikan berbagai aplikasi dan fitur di smartphone.

3. Membaca Data di Penyimpanan Eksternal

Bacolah.com

 

Sebutlah Anda pekerja yang membutuhkan data-data berukuran besar. Umumnya, Anda akan memanfaatkan wadah penyimpanan data tambahan misalnya harddisk eksternal.

 

Sekarang, Anda tak membutuhkan PC atau laptop untuk membaca data di harddisk eksternal. Saat Anda meeting atau makan siang di kafe, Anda bisa mengecek data-data penting tersebut lewat smartphone. Inilah salah satu manfaat USB OTG yang dikombinasikan dengan mobilitas ponsel.

Perlu menjadi catatan, rata-rata USB OTG di smartphone sejauh ini hanya bisa membaca perangkat hardware dengan partisi FAT32.

4. Menghubungkan Perangkat Data Lainnya

Tokopedia.com

 

Selain harddisk, ada media pembacan data lainnya yang bisa disambungkan dengan flashdrive USB OTG. Dengan menyambungkan USB OTG dan Card Reader, Anda bisa membaca data dari berbagai jenis memory card, mulai dari external SD Card hingga memory card DSLR. Hal ini tentu sangat membantu meringkas barang bawaan jika Anda adalah pengusaha yang kerap dinas atau bepergian ke luar daerah.

5. Menjadikan Smartphone sebagai Power Bank

tokopuas.com

Anda punya ponsel lebih dari satu? Sungguh merepotkan jika harus sering-sering mengisi keduanya. Salah satu manfaat USB OTG flashdrive adalah menjadikan smartphone Anda sebagai pengisi daya bagi ponsel lainnya. Tak hanya itu, ponsel Anda juga bisa mengisi daya produk lain seperti MP3 player atau action cam.

Sekarang Anda mungkin mulai tertarik untuk melirik produk USB OTG dalam membantu pekerjaan Anda. Salah satu rekomendasi USB OTG terbaik adalah Strontium NItro OTG USB 3.0 flash drive 16GB. 

 

smartcomputerindo.com

 

USB ini sangat cocok untuk menyimpan data-data penting yang berkaitan dengan pekerjaan. Meski begitu, produk ini juga cocok untuk penggunaan personal. Bentuknya minimalis dan tak akan membuat ribet karena tak memerlukan kabel dalam instalasi maupun pemakaiannya.

 

Bagi pengusaha dengan mobilitas tinggi, Strontium NItro OTG USB 3.0 flash drive 16GB tak akan menghabiskan waktu Anda dalam proses transfer maupun backup data. Kecepatan readnya mencapai 100 MB/S dan writenya 60MB/s. Angka ini 15 kali lebih cepat ketimbang standar OTG 2.0 lainnya. 

 

Perangkat ini punya dua jenis konektor yani dual micro-B untuk ponsel dan standard type A USB 3.0 Connector yang berfungsi untuk disambungkan pada port laptop atau PC.

 

Strontium Nitro OTG USB 3.0 flash drive 16 GB tersedia di Smartcomputerindo, penyedia perkakas kantor dan IT terlengkap. Jangan tunggu lama-lama, USB OTG ini bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah, yakni seharga Rp 99.999 dari harga normal Rp 135.000. Dapatkan sekarang sebelum periode diskon terlewat di smartcomputerindo.com.

 

Sumber

https://jalantikus.com/gadgets/fungsi-usb-otg/

https://hot.liputan6.com/read/4203567/12-fungsi-flashdisk-otg-pada-smartphone-praktis-dan-murah#:~:text=Liputan6.com%2C%20Jakarta%20Fungsi%20flashdisk,data%20tanpa%20harus%20melewati%20komputer.&text=Konektor%20pertama%20bisa%20diakses%20melalui,digunakan%20pada%20port%20USB%20Smartphone.