Mindfulness at Work, Strategi Tingkatkan Produktivitas Kerja

Posted By smartcomputerindo | 25 January 21 | Event

Tingkat kecemasan individu melonjak drastis akibat pandemi. Hal ini bisa mempengaruhi produktivitas kerja bagi karyawan yang WFH maupun pelajar yang menjalani sekolah online. Mindfulness adalah salah satu strategi untuk menghadapi hal tersebut.

 

Mindfulness artinya kemampuan untuk memusatkan perhatian dan kehadiran pada suatu momen. Mempraktikkan mindfulness sangat penting dalam melakukan suatu aktivitas karena membuat Anda lebih fokus, bekerja dengan efektif, dan mampu mencapai keseimbangan hidup alias work-life balance.

 

Pada dasarnya, mindfulness merujuk pada tipe meditasi yang mengharuskan otak untuk fokus secara intensif tentang apa yang dirasakan saat itu tanpa harus menilai dan menginterpretasi secara berlebihan. 

 

Kebiasaan kita saat merasakan sesuatu adalah berpikir terlalu jauh ke depan, berandai-andai, hingga menambahkan emosi negatif yang menguras energi dan mental. Mindfulness membantu pikiran dan tubuh lebih waspada sehingga otak mampu mengidentifikasi perasaan dan mengambil pendekatan yang tepat dengan cara yang positif. Mindfulness yang mengedepankan monotasking ketimbang multitasking juga mampu mengembalikan fokus sehingga kita tak mudah teralihkan.

 

Hubungan mindfulness dan produktivitas kerja telah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Menurut salah satu riset yang dimuat dalam Jurnal Psikogenesis, trait mindfulness dan pengelolaan modal psikologis karyawan terbukti memiliki relasi positif dengan keterikatan kerja mereka. Harvard Business School pun telah mencantumkan metode mindfulness dalam salah satu program leadership mereka.

 

Perusahaan pun memiliki beberapa keuntungan melalui penerapan mindfulness pada karyawan. Di antaranya, peningkatan kesejahteraan karyawan, semakin eratnya hubungan sehat antar karyawan, pengembangan kreativitas individu para karyawan, hingga peningkatan kecerdasan emosional karyawan.

 

Telah menjadi rahasia umum jika dunia kerja dapat memberi pengaruh buruk ke sisi psikologis akibat tuntutan dan tekanan tingkat tinggi. Di tengah kenormalan baru dan adaptasi work from home, bagaimana karyawan dan perusahaan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan mental serta work-life balance? Bagaimana manajemen stress dan emosi yang baik? Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecemasan dan tekanan di dunia kerja?

 

Anda dapat memperoleh jawabannya melalui TECHMinar Mindfulness at Work yang akan diadakan 26 Januari 2021 pukul 13.30-15.30. Acara ini akan dihadiri sederet pembicara ahli seperti Putra Wiramuda, S.Psi., MA (Praktisi Kesehatan Mental dan Mindfulness), dan Adi Palguna (Founder and Facilitator of Sekarang.org).

 

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh ilmu dan e-certificate gratis! Daftar sekarang dengan melakukan scan pada QR Code yang tertera di poster!

 

Sumber

https://www.ekrut.com/media/mindfulness#:~:text=Mindfulness%20artinya%20mampu%20memusatkan%20perhatian,serta%20mendapatkan%20keseimbangan%20dalam%20hidup.

http://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/Jurnal-Online-Psikogenesis/article/download/1039/pdf

https://www.linovhr.com/mindfulness/

https://riliv.co/rilivstory/mindfulness-di-tempat-kerja/

https://klasika.kompas.id/baca/belajar-mindfulness/