Deretan Problem Teknologi saat WFH dan Strategi Mengatasinya!

Posted By smartcomputerindo | 27 January 21 | Productivity

Seiring dengan PPKM Jawa Bali, Anda mungkin jadi salah satu karyawan yang masa wfhnya diperpanjang. Tak dipungkiri, masalah teknologi yang dihadapi juga akan semakin kompleks. Inilah sederet isu teknis yang dihadapi karyawan WFH sekaligus strategi mengatasinya!

Kinerja Laptop yang Terlalu Lambat

Matt Mech/Unsplash

 

Banyak dari kita memanfaatkan laptop lawas yang telah digunakan sejak kuliah atau SMA untuk bekerja. Sebagian besar mungkin masih bisa bekerja dengan baik, namun ada juga yang mulai uzur dan mengalami penurunan performa.

 

Apakah solusinya harus selalu membeli laptop baru? Ternyata, ada banyak cara lain untuk mengakali hal ini.

 

Kita perlu memahami mengapa kinerja laptop menurun. Hardware yang kotor dapat menjadi salah satu biang kerok. Untuk itu, bersihkan laptop pada bagian luar memakai larutan alkohol dengan kadar 70%. Anda juga bisa memakai minyak kayu atau minyak telon. Aktivitas sederhana ini bisa meningkatkan performa yang selama ini mungkin terhambat akibat kotoran atau debu.

 

Anda juga perlu membersihkan bagian kipas dan pendingin laptop. Sebab, overheating atau laptop yang panas juga tak bisa dilepaskan dari lambatnya kinerja laptop. Gunakan kuas atau kain berbahan lembut (tanpa menggunakan air) untuk menyeka kipas, pendingin, dan motherboard.

 

Penyebab laptop lemot selanjutnya adalah kapasitas RAM. Pastikan kecepatan RAM mampu menangani jenis aktivitas yang Anda lakukan. Semakin tinggi rutinitas multitasking, Anda semakin membutuhkan RAM berkecepatan tinggi. Bila perlu, Anda juga dapat mengganti harddisk dengan SSD. Meski mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, hal ini bisa jadi investasi jangka panjang.

 

Koneksi/Jaringan WiFi yang Kurang Memadai

Discover Savsat/Unsplash

 

Jaringan WiFi yang buruk disebabkan oleh banyak hal. Anda perlu memastikan uji kecepatan internet melalui aplikasi atau website seperti fast.com atau speedtest.net.

 

Selanjutnya, Anda juga dapat mengecek posisi router. Jika Anda memiliki rumah besar atau bekerja di ruangan yang jauh dari router, pertimbangkan repeater Wifi yang dapat memperluas jangkauan jaringan.

 

Posisi router yang ideal adalah di tengah-tengah ruangan atau cukup dekat dengan meja kerja Anda. Jangan meletakkan router di lantai. Sebaliknya, pilih tempat yang tinggi karena router didesain untuk mengirim sinyal ke bawah. Hindari memasang router di dekat jendela dan perangkat elektronik lainnya untuk mencegah terbaginya sinyal atau melemahnya sinyal. 

 

Semakin banyak penggunanya, wajar jika kecepatan jaringan WiFi semakin melambat. Anda bisa memanfaatkan aplikasi bandwidth-intensive untuk mengatur prioritas pembagian kecepatan WiFi. Sebab, aplikasi ini bisa memperlambat WiFi semua orang. Gunakan juga versi lite dari browser internet untuk mengurangi beban.

 

Tips terakhir jika masalah wifi yang lambat masih dirasakan, lakukan hard reset dan cek penyedia layanan internet. Anda juga bisa membaca trik meningkatkan kecepatan WiFi yang telah kami buat.

Maraknya Pencurian Data

Nahel Abdul Hadi/Unsplash

 

Medcom.id merangkum laporan bertajuk 'Future of Secure Remote Work', Jumat, 8 Januari 2021. Laporan ini adalah hasil riset Cisco terhadap 3.000 pengambil keputusan teknologi dan informasi di perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga besar dari 21 negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk memahami lebih dalam ancaman siber apa saja yang mengintai selama bekerja dari rumah.

 

Ternyata, banyak responden di Indonesia merasa bahwa privasi data, keamanan akses, dan perlindungan dari malware merupakan tiga tantangan utama yang dihadapi selama WFH.

 

Selain menggunakan kombinasi password yang aman, kita perlu menggunakan verifikasi identitas yang lebih aman seperti 2 Factor Authentication (2FA).

 

Upaya preventif lainnya adalah memilih koneksi internet yang aman yakni tethering atau wifi rumahan ketimbang memakai jaringan WiFi publik. Sebab, kita tak pernah tahu proses yang terjadi dalam jaringan tersebut. Bisa saja, koneksi WiFi publik yang kita pakai telah dienkripsi sehingga administrator atau pihak-pihak tertentu dapat memantau aktivitas kita di internet.

 

Saat berselancar di internet, perlu diingat bahwa terdapat situs-situs yang sifatnya rawan. Jangan sampai perangkat kita disusupi malware dari situs atau tautan tersebut. Sehingga, sebelum mengunjungi situs atau mengklik suatu tautan, ada baiknya kita mencari tahu kredibilitasnya.

 

Kebutuhan Peralatan Pendukung

Antonio Manaligod/Unsplash

 

Tak hanya laptop dan WiFi, WFH juga “memaksa” Anda membuat suasana senyaman di kantor agar produktivitas tetap terjaga. Peralatan pendukung pun dibutuhkan untuk menciptakan kenyamanan kerja yang maksimal.

Pilihlah mouse yang nyaman sesuai ukuran telapak tangan. Bila telapak tangan Anda cukup kecil, pakailah travel mouse. Jangan sampai mouse melukai tangan saat bekerja. Sesuaikan juga tipe aktivitas komputasi yang Anda jalankan dengan mouse yang Anda pilih. 

Jika jenis aktivitas Anda membutuhkan banyak gerakan yang luwes (contohnya mendesain atau pengerjaan proyek kreatif lainnya), Anda dapat mempertimbangkan penggunaan wireless mouse. Lihat juga apakah gerakan mouse yang Anda pilih sejalan dengan respon di layar laptop Anda (tidak mengalami keterlambatan atau lagging).

Kursi dan meja kerja pun tak boleh diabaikan. Pasalnya, postur tubuh yang pas juga akan berdampak positif, contohnya menghindari sakit pinggang. Efeknya, Anda juga dapat bekerja lebih lama tanpa merasa tak nyaman. Beberapa tips dari Hellosehat untuk memilih kursi kantor yang ideal adalah: sesuai dengan ukuran tubuh dan tinggi badan; memiliki dudukan landai; ada sandaran kepala dan sandaran lain yang sifatnya bisa diatur.

Anda juga bisa memanfaatkan headphone dengan fitur noise-cancelling untuk menghindari suara bising saat meeting dari rumah. Anda pun dapat membaca artikel tentang tips tetap sehat meski bekerja WFH selama 8 jam untuk informasi lainnya.

Jika Anda tertarik untuk membeli laptop, memperbaiki kualitas produk WiFi, maupun peralatan pendukung WFH lainnya, solusinya ada di Smartcomputerindo.

 

Sebagai partner pengadaan barang pemerintah, Smartcomputerindo telah mendapat kepercayaan dari sejumlah kementerian dan instansi Republik Indonesia. Setiap pembelian di Smartcomputerindo dilengkapi garansi resmi, instalasi gratis, dan pengantaran barang di beberapa kota.

 

Jangan ragu, kunjungi website kami sekarang di sini!

 

Sumber

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/solusi-masalah-teknologi-selama-work-from-home-wfh/

https://www.inews.id/techno/elektronik/masalah-teknologi-ini-kerap-terjadi-saat-kerja-di-rumah-begini-solusinya

https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GNGWDedN-3-tips-aman-saat-bekerja-dari-rumah

https://glints.com/id/lowongan/memanfaatkan-teknologi-saat-wfh/#.YBDn3ugzbIU