Inilah Tips Memilih Dipan Sesuai Kebutuhan Kamar Anda!

Posted By smartcomputerindo | 28 January 21 | Merchant Highlight

Dipan adalah furnitur yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, dipan akan menunjang kualitas istirahat kita dan secara otomatis mempengaruhi kesehatan tubuh. Inilah strategi memilih dipan yang pas sehingga istirahat kita bisa lebih maksimal!

Ukuran Kasur

Kaspars Eglitis/Unsplash

 

Ukuran kasur tentu saja menjadi pertimbangan utama dalam memilih rangka kasur atau dipan. Sebab, dipan yang ideal harus bisa membuat kita merasa nyaman saat berada di atas kasur. Usahakan agar ukuran dipan kasur sesuai dengan ukuran kasur tidur Anda.

 

Beberapa patokan yang dapat Anda pelajari adalah sebagai berikut:

 

  • Ukuran single size (120cm x 200cm) membutuhkan dipan minimalis berukuran kecil. Tipe ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan tidur anak-anak Anda.

  • Ukuran Queen Size (160cm x 200cm) sedikit lebih besar dari single size, namun umumnya masih dipakai oleh satu orang. Pilihan ini cocok untuk Anda yang lebih suka istirahat dengan leluasa.

  • Ukuran King Size (180cm x 200 cm) rata-rata dipakai untuk menampung dua orang. Sementara, kasur tipe Double Size (200cm x 200cm) memiliki ukuran terbesar dan sangat cocok untuk dipan minimalis berukuran besar.

Ukuran Kamar

Christopher Jelly/Unsplash

 

Hal ini sangat penting dipertimbangkan, mengingat banyak orang kini memilih tinggal di rumah model minimalis dengan ruangan berukuran kecil. Jangan sampai ukuran kasur beserta dipannya justru memakan terlalu banyak tempat. Idealnya, dipan Anda harus memiliki jarak 2-3 feet (60-90 cm) di sekitar tepi dan ujung. Tujuannya agar Anda punya cukup ruang untuk bergerak dengan bebas dalam kamar Anda.

 

Lakukan pengukuran yang teliti antara ketersediaan ruangan dan dimensi kasur pada umumnya. Ingat, masih ada bedframe dan headboard yang kadang menambah ukuran kasur.

Preferensi Ketinggian Tempat Tidur

Markus Winkler/Unsplash

 

Ketinggian kasur juga akan mempengaruhi intensitas istirahat Anda. Pertimbangkan tingkat mobilitas yang Anda inginkan. Beberapa dipan juga punya penyangga yang dapat menimbulkan efek tertentu pada lantai Anda. Kalau tak berhati-hati, Anda akan “mengorbankan” lantai kamar atau menimbulkan goresan pada karpet.

Fungsionalitas

Andrea Davis/Unsplash

 

Dipan minimalis umumnya memiliki desain yang simpel namun multifungsi. Banyak dipan minimalis memiliki laci penyimpanan di bagian bawah. Ini dapat menjadi alternatif untuk Anda yang tak ingin membeli terlalu banyak perabotan.

Style, Warna, dan Material

Dipan minimalis umumnya memiliki deretan warna yang cantik dan modern. Sebagai tips, Anda dapat memilih warna yang selaras dengan cat dinding di ruangan kamar tidur Anda. Anda juga dapat menjadikan warna furnitur lain yang berada di ruangan yang sama sebagai patokan memilih warna dipan. Meski tampak sepele, semakin serasi warna-warna dalam ruangan, kesan rapi dan nyaman akan tercipta dengan sendirinya. 

 

Dipan pun terbuat dari bermacam-macam bahan. Lazimnya, kita akan banyak menemui dipan kayu dan dipan besi di pasaran. Tak mengherankan karena kedua material tersebut sama-sama bersifat kuat dan kokoh.

 

Dipan kayu pun masih terbagi lagi menjadi beberapa level kualitas. Solid hardwood umumnya adalah yang paling kuat, namun dipan kayu dengan konstruksi inferior mungkin tidak memiliki sokongan yang terlalu kuat. Hal yang sama berlaku untuk besi yang kualitasnya rendah. Beberapa dipan juga menyediakan “pusat kaki” agar lebih kuat menyangga kasur berukuran besar. Untuk itu, penting mengecek hardware, joinery system, dan slats (rusuk) dari suatu dipan sebelum membelinya.

 

Style dipan seperti apa yang Anda sukai? Kebanyakan dipan minimalis tak memiliki sandaran samping alias punya sisi samping yang terbuka. Jika Anda punya kamar tidur yang modern, desain sederhana dan ramping dari dipan minimalis semacam ini sangat ideal. Jika Anda punya kamar tidur bergaya tradisional atau oriental, Anda mungkin lebih suka dipan dengan ornamen dan detail yang kompleks.

 

Antonio Carvezan/Unsplash

 

Dipan besi sifatnya tahan lama dan cost-effective. Dipan jenis ini dirancang untuk menunjang kenyamanan istirahat Anda. Tak seperti dipan kayu, Anda akan terhindar dari problem seperti cracks atau lapuk akibat serangan rayap. Dipan besi juga punya banyak style yang Anda pilih, mulai dari klasik, kontemporer, simpel, elegan, hingga yang mewah sekalipun.

 

Annie Spratt/Unsplash

 

Dipan dari kulit biasanya cocok untuk orang-orang yang suka tampilan mewah kesan luas. Lain lagi dengan dipan berbasis kain yang sangat cocok untuk mereka yang suka duduk-duduk dan membaca di kasur. 

 

Dipan kayu biasanya memancarkan estetika dan kehangatan dalam ruangan. Anda yang ingin menjadi penyelamat lingkungan juga bisa memilih dipan satu ini. Sebab, dipan kayu lebih mudah direcycle ketimbang dipan besi. Dipan kayu juga punya benefit dalam hal revitalisasi. Hanya dengan menerapkan metode sanding, staining, atau pengecatan ulang, Anda akan mendapat tampilan yang berbeda dan baru dari dipan kayu.

 

 

Produk dipan kayu minimalis modern buatan Vivente mengutamakan fungsionalitas sekaligus rancangan unik berbahan ramah lingkungan. Mengusung prinsip Clarity, Integrazione, dan Creative, Anda akan memperoleh solusi furnitur yang tepat guna, namun juga memiliki sentuhan artistik yang bergaya. 

 

Dipan kayu minimalis Vivente terdiri dari berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan ukuran kasur dan ruang tidur. Yuk, beli sekarang untuk atmosfir kamar tidur yang lebih nyaman dan tidur yang berkualitas. Anda dapat membelinya di Smartcomputerindo sekarang!

 

Sumber

https://eminterior.com/tips-memilih-dipan/

https://m.tribunnews.com/lifestyle/2018/02/04/empat-tips-mengakali-ruang-tidur-yang-sempit-agar-tetap-nyaman?page=2

https://www.thesleepstation.co.uk/blog/choosing_the_right_divan_bed

https://www.mattressonline.co.uk/advice/what-is-platform-top-divan-base

https://wilburdavisstudios.com/choosing-a-new-bed-frame-10-top-tips-for-buying-the-best-bed-frames/

https://www.jonesandtomlin.co.uk/buying-a-new-bed/bed-frame-buying-guide/