Level Up Your CV to The Next Level, Apa yang Membuat Recruiter Jatuh Hati dengan CV Anda?

Posted By smartcomputerindo | 08 February 21 | Event

 

Di tengah persaingan kerja yang makin ketat, menguasai cara membuat CV yang menarik adalah skill yang perlu dimiliki jobseekers. Anda harus menyiapkan CV yang memikat agar menarik perhatian pihak yang menyeleksi surat lamaran.

 

CV menjadi sarana paling penting untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tak peduli Anda seorang yang putus sekolah, orang yang kembali bekerja, ataupun telah bergabung dengan suatu perusahaan selama 10 tahun. Selama Anda dapat membuat CV yang menarik, Anda akan punya alat memasarkan diri untuk memperoleh kesempatan wawancara.

 

CV ibarat senjata untuk menunjukkan bakat Anda dan merupakan “tiket masuk” menuju bursa kerja. Berdasarkan asal katanya, curriculum vitae adalah bahasa latin yang berarti ringkasan riwayat diri.  

 

CV merupakan salah satu pertimbangan paling penting dan sangat efektif untuk mempengaruhi para eksekutif, manajer, dan rekruiter profesional karena CV dianggap sebagai dokumen tertulis paling penting yang merepresentasikan diri seorang calon karyawan.

 

Melalui CV yang baik, para jobseeker berpotensi mendapat kesan pertama yang sempurna. Indikator CV yang ideal adalah membuat pembaca dapat mengambil intisari latar belakang dan pengalaman dalam waktu 30 detik.

 

Menurut buku Personal Branding for Dummies, semakin tajam personal branding kita, semakin tinggi keunikan dan level searchable kita di mata headhunter. Profil media sosial seperti Linked In yang formatnya mirip-mirip dengan curriculum vitae dapat menjadi salah satu sarana untuk memperkuat personal branding.

 

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis CV? Umumnya, 4 hal ini dapat dijadikan prinsip: Padat, Relevan, Menarik, Ketelitian Format. Kebanyakan orang terlalu detail dalam menulis informasi, padahal ada beberapa pengalaman atau pendidikan yang kurang relevan. Jangan tuliskan informasi yang tak disampaikan dalam iklan lowongan kerja yang dilamar. Sebaliknya, tekankan informasi pada minat, keahlian, pencapaian Anda di lapangan atau prestasi yang pernah Anda raih. 

 

Format juga menjadi penting. CV yang menarik umumnya memiliki kerapian dalam penataan dan tidak memiliki typo atau kesalahan tanda baca. Sebab, hal ini juga seringkali diperhatikan oleh recruiter. Tampilan CV juga harus mudah dibaca sehingga aturlah pemilihan warna dan spasi sebaik mungkin. 

 

CV juga beberapa manfaat lain di antaranya: bahan evaluasi perjalanan karier; menganalisa kelebihan dan kekurangan diri; dan bahan persiapan untuk interview berikutnya.

 

Bagaimana tips membuat CV yang menarik dan mengungguli kompetitor kita? Adakah tips membuat CV untuk pemula? Apa yang dapat dilakukan untuk menunjang CV yang kita buat?

 

Semua pertanyaan di atas akan terjawab dengan mengikuti TECHMinar Level Up Your CV to The Next Level yang akan dihadiri oleh Anung Anindita (HR Practitioner on several company), Trise Indah. Psi, CHRP (Executive Search at Bright Consulting & HR Gunung Sewu Group), dan Khoer Raffei (Talent Acquistion at IDStar).

 

Acara ini akan diadakan 9 Februari 2021 pukul 13.30-15.30. Jangan ragu untuk mengikuti event ini karena ada segudang tips menarik bagi mahasiswa akhir maupun pencari kerja, tak lupa e-certificate di akhir acara untuk memperkaya CV. Saatnya daftarkan diri Anda lewat QR Code yang tertera di poster!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=t9RxbYYj7K0C&pg=PA130&dq=membuat+cv+yang+menarik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjntpXtzK7uAhXiH7cAHU7FCVo4ChDoATABegQICBAC#v=onepage&q=membuat%20cv%20yang%20menarik&f=false

https://books.google.co.id/books?id=Q_7F13UmgBsC&pg=PA138&dq=mengapa+cv+harus+menarik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiVxrKp0a7uAhUjILcAHf0kB-MQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q=mengapa%20cv%20harus%20menarik&f=false

https://books.google.co.id/books?id=BnXSESr7Sn0C&pg=PA49&dq=pentingnya+cv&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj8rfi_0a7uAhV-7HMBHcNqCHkQ6AEwA3oECAEQAg#v=onepage&q=pentingnya%20cv&f=false

https://books.google.co.id/books?id=wUmFDwAAQBAJ&pg=PA22&dq=pentingnya+cv&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj8rfi_0a7uAhV-7HMBHcNqCHkQ6AEwBHoECAUQAg#v=onepage&q=pentingnya%20cv&f=false

https://www.dayjob.com/what-is-a-cv-622/#:~:text=A%20CV%20is%20there%20to,skills%2C%20work%20experience%20of%20qualifications