Pentingnya Fitur Find My Device untuk Melacak HP yang Hilang

Posted By smartcomputerindo | 10 February 21 | Productivity

Anda harusnya belum merasa aman meski sudah mengaktifkan layanan security seperti FaceID atau PIN. Bagaimana jika suatu hari HP Anda dicuri pihak tak bertanggung jawab? Lakukan langkah antisipasi dengan mempelajari fitur Find My Device.

 

 

John Tuesday?Unsplash

 

Find My Device adalah bagian dari Google Play Protect, layanan yang didesain untuk melindungi ponsel Anda dari konten-konten berbahaya. Melalui aplikasi Find My Device, Anda dapat dengan mudah memantau, mengunci, bahkan menghapus data dalam ponsel Anda yang dicuri, meski lokasinya berada sangat jauh. Anda juga dapat melihat daya baterai yang tersisa dan jaringan WiFi yang terkoneksi dengan perangkat itu.

 

Anda bisa memilih opsi Secure Device untuk memasukkan recovery message dan nomor ponsel yang akan ditampilkan pada ponsel yang hilang. Bila Anda beruntung, orang yang tanpa sengaja menemukan ponsel Anda yang terjatuh akan dapat menghubungi nomor yang Anda kirimkan. Namun, hal ini tentu tak akan terlalu berguna jika ponsel Anda hilang karena dicuri.

 

Anda pun dapat membuat ponsel berdering selama 5 menit dalam volume penuh, meski tadinya perangkat itu diatur dalam mode silent atau vibrate. Siapa tahu, ponsel Anda masih berada di dekat Anda.

 

Sebagian besar android dengan sistem operasi 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas umumnya bersifat kompatibel dengan aplikasi ini. Artinya, sebanyak 99% perangkat android aktif (dengan 2 milyar pengguna di seluruh dunia) sudah mampu mengunduhnya di Play Store. Sayangnya, Anda perlu memiliki koneksi internet untuk mengakses seluruh fitur ini.

 

Sebastian Hietsch/Unsplash

 

Baru-baru ini, sebuah utas di Twitter menggambarkan pentingnya fitur ini sebagai salah satu cara melacak HP yang hilang. Melansir Kompas dan DetikInet, akun @qelstudy_ menceritakan bagaimana ponsel ayahnya yang hilang di kantor Samsat akhirnya mampu terlacak berkat aplikasi Find My Mobile yang dikeluarkan oleh Samsung.

 

Yup, selain aplikasi Find My Devicce yang dikeluarkan oleh Google, ada fitur default yang disediakan oleh vendor ponsel tertentu untuk menemukan HP Anda yang hilang. Sebut saja Find My Iphone, Find My Mobile (Samsung), dan Find My Oppo. Rata-rata dari mereka memiliki fungsi yang sama, hanya disertai sebutan yang berbeda. Find My Mobile dari Samsung dikatakan mampu bekerja tanpa adanya koneksi internet sekalipun.

 

Sayangnya, fitur Find My Device ini paling sering diremehkan oleh pengguna. Kebanyakan dari mereka memilih untuk menonaktifkannya karena isu privasi. Pengguna menganggap fitur ini akan membagikan lokasi perangkat milik pengguna. Padahal, menurut Insinyur Keamanan Android, Adrian Ludwig, fitur ini justru menjadi solusi utama saat pengguna kehilangan perangkatnya. Kita dapat dengan mudah menghapus semua data pada perangkat agar informasi tersebut tak jatuh ke tangan yang salah.

 

Serupa dengan Android, Apple dalam laman resminya mengatakan bahwa jika fitur Find My Iphone dimatikan, risiko pencurian data dalam ponsel jadi lebih besar. Fitur Find My Iphone ini justru dapat menjadi “peta” untuk menunjukkan lokasi perangkat, bahkan memutar suara untuk membantu menemukannya. 

 

Sumber

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/06/18160017/cerita-viral-smartphone-hilang-berhasil-dilacak-dan-pentingnya-fitur-find-my?page=all

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5364586/ini-bukti-untungnya-aktifkan-find-my-phone-untuk-cari-hp-hilang

https://uzone.id/ponsel-android-dicuri-ini-cara-melacaknya-dengan-find-my-device

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5364586/ini-bukti-untungnya-aktifkan-find-my-phone-untuk-cari-hp-hilang?tag_from=wp_nhl_10

https://www.androidcentral.com/find-my-device

https://www.androidauthority.com/android-device-manager-find-my-device-789869/