CGI and Film Industry: Is It The Perfect Combination? Menelisik Masa Depan CGI pada Sinema Indonesia

Posted By smartcomputerindo | 15 February 21 | Event

 

CGI menjadi salah satu teknologi yang diprediksi akan semakin booming dipakai di industri film Indonesia. Salah satu proyek masif yang sedang dikerjakan adalah Apa Ada Cinta 2045 yang direncanakan tayang pada 24 Juni 2021. 

 

Film ini punya tingkat kesulitan cukup tinggi karena akan menggabungkan unsur teknologi yakni menampilkan kondisi Indonesia tahun 2045 sebagai latar kisah romance utama. Apa Ada CInta 2045 diperkirakan akan memanfaatkan sebanyak 80% teknologi CGI.

 

Pada tahun-tahun sebelumnya, sineas Indonesia pun telah menelurkan beberapa karya dengan unsur CGI. Sebut saja Gundala, Foxtrot Six, Bumi Manusia, Bangkit, Comic 8, dan Garuda Superhero. 

 

Sebetulnya, apa itu CGI? Computer Graphic Images atau CGI adalah teknologi grafis komputer yang digunakan untuk membuat efek visual pada video. Video yang dimaksud tak terbatas pada film saja, namun juga siaran televisi, games, iklan, hingga perangkat simulator.

 

Visual effect atau efek visual adalah teknik yang dipakai dalam industri film, televisi, dan animasi yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. CGI lah yang berperan untuk menciptakan efek visual berupa peristiwa, kejadian, atau latar suasana ini.

 

Efek yang diciptakan dari pengaplikasian CGI dapat berupa gambar dinamis atau statis hingga bentuk 2 dimensi. Efek CGI yang kini banyak dikenal adalah grafis komputer yang digunakan untuk membuat suatu adegan atau menambahkan special effect pada film dan televisi. 

 

Teknologi inilah yang dipakai industri film untuk memproduksi karya blockbuster yang dapat membuat penonton tercengang. Sebab, adegan yang dibuat dengan efek visual hasil CGI umumnya menyajikan visual fantastis seperti cerita fantasi. Kunci utama dari teknologi CGI adalah menghasilkan visual yang ciamik melalui integrasi gambar komputer dan shoot lokasi dan objek dari dunia nyata.

 

Meski begitu, CGI tak semudah itu dikerjakan karena setiap detail seperti lighting, tekstur, dan warna dikerjakan satu persatu dan frame-per-frame. Pembuatan CGI pun bervariasi tergantung pada kompleksitas dan jenis efek yang diinginkan. Dalam membuat sebuah film dengan visual efek CGI, diperlukan departemen khusus yang menangani special effect maupun biaya yang tak sedikit.

 

Baru-baru ini, Studio Ghibli yang terkenal dengan animasi dari gambar tangan berencana meluncurkan film baru Aya and The Witch yang memiliki efek CGI. Bahkan di tengah pandemi, film Hollywood bahkan berencana memanfaatkan teknologi CGI pada beberapa adegan kontak fisik yang intens.

Sejauh apa penggunaan teknologi CGI di industri film? Bagaimana dampak penggunaan CGI terhadap film ke depannya? Saksikan TECHMinar CGI & Film Industry: Is The Perfect Combination? yang akan dihadiri oleh punggawa perfilman Indonesia seperti Anta Jundana (Tim @potonganfilm), Farid Dermawan (Sutradara & Producer Film) dan Reza El Fardian (Film Director & TV Commercial Director).

 

Acara ini akan diadakan 18 Februari 2021 pukul 13.30-15.30. Jangan lewatkan kesempatan mendapat ilmu dan e-certificate gratis!

 

Sumber

https://kreativv.com/game-teknologi/apa-itu-cgi/

https://kreativv.com/film-animasi-video/hal-hal-yang-harus-kamu-tahu-tentang-visual-effect-dalam-sebuah-film/

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/05/232435066/keliek-wicaksono-meninggal-angga-sasongko-perfilman-indonesia-kehilangan?page=all

https://mediaindonesia.com/weekend/322335/siap-rilis-animasi-perdana-studio-ghibli-dengan-cgi

https://www.fimela.com/news-entertainment/read/4433142/sajikan-cgi-dan-teknologi-tinggi-film-apa-ada-cinta-2045-siap-tayang

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/08/164521070/untuk-adegan-seks-hollywood-mungkin-pakai-cgi-demi-cegah-penularan-covid

https://harpersbazaar.co.id/articles/read/5/2020/10691/6-Rekomendasi-Film-Indonesia-Dengan-Teknologi-CGI-Terbaik