Jangan Sepelekan Keberadaan Paper Shredder di Kantor, Ini Fungsinya!

Posted By smartcomputerindo | 17 February 21 | Productivity

Keberadaan paper shredder seringkali diabaikan oleh pemilik kantor. Padahal, mesin ini berfungsi mengelola dan menjaga keamanan data kantor Anda, termasuk arsip-arsip kantor yang sifatnya sensitif.

Menjaga Keamanan Data Kantor

Arianna Jade/Pexels

 

Paper shredder berfungsi menghancurkan kertas-kertas kantor yang sudah tak terpakai lagi. Selama ini, Anda mungkin terpikir untuk sekedar membuang berkas-berkas tersebut di tempat sampah. 

 

Namun, pernahkah timbul di benak Anda bahwa kertas-kertas ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan? Nyatanya, 43% pelanggaran keamanan terjadi melalui sarana fisik, salah satunya dumpster diving (mengakses informasi dengan melihat catatan dokumen perusahaan yang terbuang di tempat sampah). 

 

Keberadaan paper shredder sangat penting untuk menjaga keamanan data dan rahasia kantor Anda. Mesin ini dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan arsip-arsip kantor yang sifatnya rahasia agar isinya tak terdeteksi oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

 

Manajemen Sampah yang Lebih Baik

Wikimedia Commons

 

Kantor yang ideal adalah kantor yang bersih, teratur, dan nyaman. Untuk itu, sangat penting bagi pihak internal perusahaan untuk mengelola desain, interior, termasuk pola pengelolaan sampah yang baik. Paper shredder bekerja menciptakan limbah kertas yang lebih minimalis, sebab kertas yang telah dihancurkan akan memakan space dan volume bak sampah yang lebih sedikit.

Mencegah Insiden Kebakaran

Anirban Gosh/Pexels

 

Tahukah Anda bahwa tumpukan kertas dapat meningkatkan risiko kebakaran? Menurut Elite Fire, kertas termasuk dalam bahan combustible (mudah terbakar) yang paling potensial dalam menyebarkan api. Inilah mengapa paper shredder sangat diperlukan untuk mencegah insiden tersebut karena sifatnya yang mengurangi tumpukan sampah kertas.

Langkah Awal untuk Menjadi Perusahaan yang Ramah Lingkungan

Eco Panda/Unsplash

 

Mesin penghancur kertas memberikan peluang baru bagi bisnis untuk memperkuat komitmen eco-friendly. Limbah robekan kertas dapat dipakai untuk bantalan pelindung bagi produk-produk yang akan dikirimkan. Hal ini tentu lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan styrofoam. Tak sampai di situ, konsumen yang menerima barang juga dapat memanfaatkan limbah robekan kertas sebagai pupuk kompos untuk membuat tanah lebih subur.

Memakai Paper Shredder adalah Bentuk Kepatuhan Hukum

Sejumlah perusahaan di bidang tertentu telah terikat kewajiban hukum untuk menghancurkan dokumen untuk melindungi privasi klien. Terlepas dari aturan hukum tersebut, sudah selayaknya perusahaan menghancurkan arsip-arsip sensitif untuk melindungi klien agar tak jatuh ke tangan orang yang salah.

 

Setelah menyadari pentingnya paper shredder atau mesin penghancur kertas sebagai kebutuhan kantor, Anda mungkin tertarik untuk membelinya demi arsip kantor yang lebih aman.

 

Smartcomputerindo sebagai distributor perkakas dan solusi IT perkantoran siap membantu Anda menentukan pilihan. Kami memiliki puluhan paper shredder dari berbagai brand mulai dari harga 3 juta rupiah saja. 

 

Anda akan memperoleh garansi resmi dan original dari manufaktur, beserta customer service dan layanan instalasi hingga purna-jual yang siap sedia. Klik di sini untuk membeli paper shredder Anda sekarang!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=mAm7CAAAQBAJ&pg=PT75&dq=fungsi+paper+shredder&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjureiZ_O_uAhWa7XMBHfQfDB0Q6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=fungsi%20paper%20shredder&f=false

https://blog.bhinneka.com/2016/05/16/ini-dia-alasan-mengapa-paper-shredder-sangat-dibutuhkan/#:~:text=Paper%20shredder%20selain%20mampu%20menghancurkan,banyak%20sebelum%20mengirimnya%20ketempat%20pembuangan.

https://shredonsite.co.uk/blog/the-benefits-of-paper-shredding-for-your-business

https://www.papershredding.ie/four-reasons-why-we-need-paper-shredding/

https://www.elitefire.co.uk/help-advice/common-fire-hazards-offices/