The Importance of Trends in Digital Marketing: Apa yang Membuat Tren Digital sangat Bernilai?

Posted By smartcomputerindo | 26 February 21 | Event

 

Masih ingatkah Anda dengan unggahan yang “menyentuh” dari sebuah brand makanan cepat saji? Atau kini perhatian Anda sedang terpusat pada “Surat Keberatan” dari brand outdoor fashion yang sempat viral? Seluruh trend tersebut adalah elemen penting dari siasat digital marketing.

 

Kita berada pada sebuah era yang dinamis, masa saat semua orang memilih melakukan aktivitas secara online. Sebuah tren digital baru hadir dan dibicarakan masyarakat dalam hitungan hari, bahkan jam. Marketers pun kini sibuk mencari cara untuk masuk ke “hati” audiens mereka melalui trend ini. 

 

Mengapa trend sangat penting dalam dunia digital marketing? Sebuah trend meningkatkan peluang lebih tinggi bagi para brand untuk disadari keberadaannya oleh sasaran audiens mereka. Mengikuti tren terbaru bisa menarik perhatian konsumen secara maksimal.

 

Perubahan dalam dunia pemasaran terjadi karena konsumen mengubah cara mereka berbelanja, meneliti & memperhatikan sesuatu, sampai ke cara menghabiskan waktu dan uang mereka. Inilah mengapa perubahan dalam perilaku dan prioritas konsumen secara langsung akan mempengaruhi bagaimana mereka merespons upaya pemasaran dan periklanan. 

 

Memahami pergerakan tren dan selalu up-to-date akan membantu perusahaan Anda menghemat waktu dan uang yang berharga. Hal ini akan memastikan bahwa brand Anda telah memasarkan produk atau layanan ke target audiens yang tepat. 

 

Brand berusaha membuat konten yang banyak dan beragam dengan harapan menemukan formulasi yang tepat untuk menjangkau sasaran audiens mereka. Keuntungan memantau tren adalah menghemat waktu dan biaya produksi konten. Sebab, tren dapat menjadi acuan dalam memahami konten seperti apa yang tepat dan disenangi oleh masyarakat. Selain itu, brand juga dapat mengetahui secara pasti, channel mana saja yang perlu dimaksimalkan.

 

Apalagi, cara masyarakat dalam mengonsumsi konten kerap kali berubah-ubah. Hal ini membuat kita selaku pemilik brand seringkali kebingungan soal cara terbaik dalam menjangkau mereka. Padahal, hubungan brand dan audiens atau calon pelanggan sangatlah penting untuk dipertahankan dan senantiasa dijaga.

 

Mengikuti tren pun akan memantik kreativitas kita dalam menemukan ide-ide pengembangan bisnis baru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa selain benefit engagement, brand kita berpotensi mendapat perbaikan-perbaikan baru yang lebih positif. 

 

Mendengarkan dan merespons tren pemasaran dapat membuat bisnis Anda tetap relevan dalam waktu lama. Jika Anda tak memantau tren yang Anda, bukan tak mungkin kompetitor Anda akan menyalip pertumbuhan bisnis Anda. Sebab, bisnis yang berhasil adalah bisnis yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi.

 

Lantas, apakah semua trend yang ada harus kita ikuti? Trend seperti apa yang perlu diikuti atau digunakan? Mengapa trend sangat penting untuk menaikkan penjualan?

 

Dapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dengan menghadiri TECHMinar The Importance of Trends in Digital Marketing yang akan dihadiri oleh  Wasril Tanjung S.Pd (Social Media Specialist), Christina Joan (Digital Marketing and Marketing Communication Consultant), Rizqi Mulyantara HS (CEO DigiTiket), dan Wahidini Nur Aflah (Digital Content Creator).

 

Acara ini akan diadakan 2 Maret 2021 pukul 13.30-15.30! Jangan sampai kelewatan insight digital marketing menarik dan e-certificate gratis, daftar sekarang dengan scan QR Code pada poster!

 

Sumber

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/pentingnya-mengikuti-tren-dalam-industri-marketing

https://corefreelancers.id/pentingnya-riset-pasar-dalam-digital-marketing/

https://www.sunmedia.co.id/blog/tren-pemasaran/

https://projasaweb.com/manfaat-digital-marketing-untuk-persaingan-bisnis-saat-ini/#5https://periklanan.polimedia.ac.id/2016/11/23/pentingnya-mengikuti-tren-periklanan-digital-seminar-bersama-microad-indonesia