Fitur-fitur Menarik Sistem Operasi Terbaru, Android 12!

Posted By smartcomputerindo | 26 February 21 | Business Insight

Google sedang dalam proses mengembangkan sistem operasi (OS) terbarunya, Android 12. Terdapat fitur-fitur baru yang cukup signifikan dan patut dinantikan. Apa saja?

 

Android Developers Blog

Privasi dan Keamanan Data

Google menyematkan sejumlah fitur privasi dalam aplikasi mereka. Tujuannya agar tercipta kontrol, dan transparansi bagi perlindungan data pribadi konsumen. Beberapa di antaranya adalah identifier (pengenal) yang dapat digunakan untuk melacak serta default komponen aplikasi yang lebih aman. Dengan adanya identifiers, Android 12 menerapkan pembatasan untuk semua aplikasi, berbeda dengan Android 11 yang hanya membatasi akses berdasarkan API level 30. 

 

Blog.google.com

 

Nantinya, lewat Android 12, pengguna memiliki lebih banyak informasi, kontrol, dan transparansi atas bagaimana cookie dapat digunakan di seluruh situs. Google juga mengubah sedikit desain kotak perizinan aplikasi saat ingin mengakses data (lokasi, mikrofon, kamera, dan sebagainya) di ponsel pengguna dengan menambah opsi “Allow in setting.”

Mode Satu Tangan

Mode satu tangan memberikan perubahan desain antarmuka untuk memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan. Jika kita mengaktifkan one-handed mode, antarmuka Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar ponsel. Jika ingin kembali ke mode normal, pengguna tinggal mengusap ke atas atau mengetuk bidang kosong di atas bilah one-handed mode yang sedang berjalan.

 

Terdapat juga fitur Silky home pada mode satu tangan ini. Fungsinya untuk memberi ruang kosong di bagian atas layar sehingga item pada halaman yang sedang dibuka berada di posisi lebih bawah. Pengguna pun dapat dengan lebih mudah mengeksplor mereka dengan satu tangan saja.

All-new Notification

Desain notifikasi pada Android berubah menjadi lebih modern dan fungsional. Pengguna akan dibekali fitur snooze pada notifikasi untuk menunda pemberitahuan dengan durasi satu jam, dua jam, 30 menit, atau 15 menit. 

 

Bila pengguna ingin membatalkan penundaan ini, mereka tinggal mengklik opsi undo. Pengguna juga diberikan opsi untuk mengaktifkan adaptive notifications ranking untuk mengatur bagaimana notifikasi ditampilkan berdasarkan tingkat interaksi pengguna dengan aplikasi di ponselnya.

 

Android 12 juga akan melakukan blocking terhadap notification trampoline alias keberadaan penerima atau layanan siaran perantara saat membuka aplikasi. Android 12 akan berusaha memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan responsif tiap sebuah aplikasi dioperasikan. Google akan bekerja sama dengan pengembang aplikasi untuk keluar dari pola notification trampoline.

 

9to5google.com

Content & Media Support 

Sistem operasi Android 12 dapat mendukung beberapa format yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kompresi kamera, contohnya HEVC dan AV1 Image File Format. Dengan adanya transcoding ke format-format ini, kualitas gambar akan meningkat secara drastis jika dibanding format lama seperti JPEG meski ukuran filenya sama.

 

Android 12 juga mendukung fitur penyisipan konten yang lebih “kaya.” Anda bisa melampirkan konten apapun (teks, file, audio, dan sebagainya) dari sumber apapun: clip; keyboard; maupun drag and drop

Kecepatan

Untuk mempercepat transisi bagi pengguna yang sering multitasking, Andorid 12 menyematkan fitur optimisasi seperti JobScheduler dan Jetpack WorkManager. JobScheduler berfungsi mengatur kinerja aplikasi berdasarkan prioritas proses yang lebih tinggi dan akses jaringan yang dapat tetap dijalankan meski ada batasan daya seperti battery saver. Sementara itu, Jetpack WorkManager diluncurkan untuk mendukung back-compatibility. Tak sampai di situ aja, Android 12 meningkatkan binder IPC Calls untuk mengurangi latensi dan distribusi beban kerja.

Special Effect

Anda akan mendapat pengalaman audiovisual yang mengagumkan lewat Android. Dilengkapi efek haptic berpasangan dari segi audio, kekuatan dan frekuensi getaran suara akan membuat Anda punya kebebasan untuk memberikan nada dering khusus pada penelepon tertentu maupun mengatur suara-suara dalam game

Slashgear.com

Peningkatan API mode imersif juga membuat navigasi gerakan lebih mudah dan konsisten, memberikan pengalaman nonton video, membaca buku, dan gaming yang menyenangkan.

Rencananya, Google baru menggulirkan versi pengembang tahap 2 dan 3 pada bulan Maret dan April. Sementara, Android 12 versi beta akan diluncurkan ke publik dalam kurun waktu Mei hingga 2021. Siap-siap ya, para pecinta Android!

 

Sumber

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/11390017/ini-tiga-kelebihan-android-12-dibandingkan-android-11

https://android-developers.googleblog.com/2021/02/android-12-dp1.html

https://inet.detik.com/cyberlife/d-5400715/5-fitur-unggulan-android-12-snow-cone

https://developer.android.com/about/versions/12/overview