Pengguna WhatsApp Desktop di Indonesia Kini Sudah Bisa Voice dan Video Call

Posted By smartcomputerindo | 05 March 21 | Business Insight

Untuk Anda yang memanfaatkan WhatsApp Desktop atau aplikasi WhatsApp pada komputer, laptop, maupun PC, ada kabar gembira yang menanti. Anda bisa melakukan panggilan kerja maupun personal tanpa perlu berganti perangkat ke ponsel Anda.

Panggilan Voice dan Video Call WhatsApp di Komputer

Gabby K/Pexels

 

Fitur ini diperkenalkan oleh WhatsApp dan sudah bisa mulai digunakan di Indonesia sejak Kamis, 4 Maret 2021 lalu. Walaupun panggilan voice dan video call bisa dipakai di PC, jangan sampai salah membedakan WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web. 

 

WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang perlu diunduh dan dipasang pada perangkat Anda melalui laman resmi Whats App yakni https://www.whatsapp.com/download. Di sisi lain, WhatsApp Web adalah platform yang bisa diakses sewaktu-waktu melalui web.whatsapp.com. Untuk menggunakannya, Anda tinggal membuka browser dan menghubungkan akun WhatsApp pada perangkat mobile Anda. Untuk sementara ini, fitur voice dan video call hanya bisa dinikmati pengguna WhatsApp Desktop.

 

Menurut penuturan resmi dari media sosial tersebut, fitur ini diluncurkan mengingat banyaknya orang-orang yang hidup terpisah dengan kerabat mereka dan masih menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja. WhatsApp ingin percakapan yang terjadi lewat media sosial mereka terasa layaknya percakapan tatap muka, terlepas dari lokasi maupun perangkat yang dipakai.

 

Berdasarkan penuturan WhatsApp, panggilan video dan call pada versi desktop telah dirancang agar bisa bekerja dalam orientasi portrait maupun landscape.

 

Cara Memulai Panggilan Video & Voice di WhatsApp Desktop

Whatsapp.com

 

Untuk bisa menikmati fitur ini, Anda perlu memastikan bahwa sistem operasi Anda minimal adalah Windows 10 64-bit versi 1903 atau yang lebih baru, dan macOS 10.13 atau yang lebih baru. Panggilan video maupun call yang bisa dilakukan hanya sebatas one on one, alias belum mencakup panggilan grup atau berkelompok.

 

Anda juga perlu mengecek perangkat output berupa audio dan mikrofon, termasuk kamera untuk panggilan video. Pastikan koneksi internet Anda memadai, telepon Anda harus dalam posisi “online” agar panggilan dapat dilakukan. Layaknya pada WhatsApp mobile, Anda juga harus memberikan izin pada WhatsApp untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer.

 

Cara video call WA lewat laptop terhitung sangat sederhana. Jika Anda ingin memulai panggilan video call/voice call pada WhatsApp Desktop, carilah dua ikon baru yang terletak di samping kiri fitur search (ikon kaca pembesar). Nanti akan terlihat ikon gagang telepon (untuk panggilan suara) dan perekam video (untuk video call).

 

Setelah Anda melakukan panggilan pada pengguna lainnya, akan tampak jendela kecil yang menunjukkan status panggilan. Pada jendela tersebut, terdapat berbagai tombol, seperti tombol memulai video, mute suara, dan mengakhiri panggilan. Anda bisa mengabaikan atau menekan ikon x untuk mengabaikan panggilan. Ada juga “tiga titik” horizontal yang akan memunculkan opsi panggilan lain.

 

Jika Anda menerima panggilan masuk, Anda juga akan melihat jendela pop-out pada layar. Anda punya pilihan untuk menerima atau panggilan tersebut, dengan tampilan yang mirip dengan WhatsApp mobile. Jendela panggilan di desktop nantinya akan ditampilkan paling depan sehingga tidak akan tertumpuk dengan jendela aplikasi lain.

 

Saat melakukan panggilan suara dengan kontak, Anda juga bisa meminta untuk beralih ke panggilan video seperti layaknya panggilan pada WhatsApp mobile. WhatsApp juga menegaskan bahwa panggilan via desktop ini terenkripsi dari ujung ke ujung sehingga WhatsApp tidak bisa mendengar atau melihat panggilan Anda.

 

Sumber

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/04/15093057/voice-dan-video-call-whatsapp-dari-komputer-sudah-bisa-di-indonesia

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210304154309-37-227873/kini-bisa-video-call-via-whatsapp-desktop-begini-caranya

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-5480889/ini-cara-pakai-panggilan-suara-dan-video-di-whatsapp-desktop