IP Camera CCTV: Strategi Tingkatkan Keamanan Kantor dan Bisnis Anda saat Pandemi

Posted By smartcomputerindo | 16 March 21 | Productivity

Kantor Anda masih menerapkan work from home? Secara otomatis, kantor dan tempat usaha Anda mungkin ditutup dan terbengkalai untuk sementara waktu. Namun, jangan remehkan keamanan tempat tersebut karena statistik menunjukkan tingginya angka kriminalitas saat pandemi. IP Camera CCTV dapat menjadi salah satu solusi yang murah namun menjadi investasi keamanan yang cukup efektif.

Statistik Kejahatan Pencurian di Ranah Bisnis dan Perkantoran

Nikita Belokhonov/Pexels

 

Menurut data Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) pada September 2020, secara keseluruhan di Indonesia terdapat peningkatan 4,49 persen kasus kejahatan. Jenis kejahatan yang dilakukan termasuk kasus pencurian di rumah maupun pertokoan dan curanmor yang menduduki peringkat kedua. Selain itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan di tengah corona kejahatan yang paling banyak terjadi di wilayahnya adalah pencurian, penjambretan dan perampokan minimarket.

Melansir Liputan 6, menurut keterangan Kabaharkam Polri Irjen Agus Andrianto, para pelaku kriminal memanfaatkan situasi pembatasan sosial yang membuat lingkungan sepi untuk melakukan aksinya.

Perkantoran dan sekolah pun turut menjadi sasaran. Baru saja Februari 2021 lalu, seorang buruh bangunan yang juga residivis di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah ditangkap polisi karena mencuri barang-barang elektronik di delapan sekolah dan kantor desa. 

Inilah mengapa kita Selama pandemi Covid-19, selain aspek kesehatan, keamanan juga menjadi salah satu hal yang vital. Salah satu strategi yang sedang populer dan mudah digunakan adalah pemakaian Closed-Circuit Television (CCTV) atau IP camera. 

Tipe CCTV dan IP Camera

Cottonbro/Pexels

 

Secara umum, ada dua jenis kamera pengawas yang populer. Kita mengenal CCTV analog dan IP Camera. CCTV (Closed Circuit Television) terhubung dan merekam ke DVR (Digital Video Recorder) yang kemudian akan menampilkan rekaman lewat layar monitor komputer.

 

Sementara, IP Camera bekerja dengan perekaman secara digital sehingga tak membutuhkan sambungan ke DVR. Hasil perekaman video selanjutnya dapat dikirimkan lewat jaringan internet. Tangkapan IP camera pun bisa dilihat melalui berbagai jenis perangkat. Sebut saja smartphone, tablet, hingga komputer di manapun pengguna berada. Saat ini, telah ada banyak model dan brand yang tersedia di pasaran Indonesia dengan harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

 

Memilih IP Camera CCTV yang paling Tepat

Di tengah pandemi, sangat disarankan untuk memilih CCTV non-konvensional karena situasi kerja yang tengah berubah. Beberapa dari Anda mungkin membiarkan karyawan bekerja dari rumah atau bergantian datang ke kantor sesuai shift tertentu. Mobilitas yang tinggi ini secara otomatis membuat Anda harus pintar-pintar mengawasi siapa yang berlalu lalang dalam kantor Anda.

 

Untuk itu, pilihlah jenis IP Camera CCTV atau CCTV wifi dengan berbagai fitur pintar. Seluruh fitur ini nantinya akan memudahkan Anda dalam memantau kondisi fisik kantor meski Anda berada jauh dari sana.

 

Salah satunya, fitur IR atau pencahayaan inframerah. Tujuannya, menangkap gambar secara detail dalam pencahayaan redup sekalipun. CCTV yang ideal saat pandemi sebaiknya juga dilengkapi dengan two way communication yang memiliki motor penggerak 360 derajat dan kemampuan untuk tersambung ke perangkat mobile dari jarak jauh.

 

Hikvision.com

 

Hikvision 2 MP IR Fixed Dome Network Camera DS-2CD2121G0-IS dapat menjadi salah satu pilihan ideal untuk kantor Anda. Dilengkapi lensa 2.8mm, vari-focal lense, Anda dapat mengambil gambar dengan jelas di siang maupun malam hari dengan jarak 10-30 meter. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tak main-main karena IP Camera CCTV ini dibekali high quality imaging dengan resolusi 2MP, kompresi image H.265 yang sangat efektif dan 120dB true WDR technology yang menjaga brightness gambar tetap stabil meski ada backlight yang cukup kuat.

 

Anda tak perlu khawatir dengan cakupan pengambilan gambar karena Hikvision 2 MP IR Fixed Dome Network Camera DS-2CD2121G0-IS juga punya kemampuan pan hingga 355 derajat, tilt hingga 75 derajat, dan rotasi hinga 355 derajat.

 

Sambungkan CCTV Anda dengan perangkat dan gadget dari rumah. IP Camera CCTV satu ini mendukung Web Browser IE8+, Chrome 31.0-44, Firefox 30.0-51, Safari 8.0+. Anda punya dukungan hingga 256GB SD Card Storage. Segera setelah perekaman selesai, Anda bisa mendapatkan output video dengan format HD digital dan resolusi 1080P. 

Untuk melengkapi perlindungan secara utuh, Hikvision 2 MP IR Fixed Dome Network Camera DS-2CD2121G0-I pun dibekali water dust resistant dan vandal proof jika ada pihak-pihak yang ingin menyabotase perekaman. Anda juga akan mendapatkan alarm trigger jika terdeteksi aktivitas seperti motion detection, video tampering, network disconnected, IP address conflict, illegal login, HDD full, atau HDD Error. 

Hikvision 2 MP IR Fixed Dome Network Camera DS-2CD2121G0-I pun dilengkapi password protection, privacy mask, dan watermark.

Tertarik memasang IP Camera CCTV ini untuk melindungi keamanan bisnis dan kantor Anda selama masa pandemi? Smartcomputerindo dapat menyediakannya untuk Anda dengan harga terjangkau yakni 1 juta-an saja. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Sumber

https://www.liputan6.com/tekno/read/4446683/tips-memilih-cctv-untuk-keamanan-rumah-dan-bisnis

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/05/15120007/5-kamera-pengawas-yang-bisa-dikendalikan-dari-smartphone?page=all

https://www.tribunnews.com/techno/2020/05/02/pentingnya-security-camera-bagi-pelaku-usaha-selama-psbb

https://katadata.co.id/muhammadridhoi/berita/5e9ffbc527b98/kriminalitas-meningkat-selama-pandemi-corona-sebanyak-apa

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5407250/terciduk-maling-penggasak-komputer-dari-8-sekolah-kantor-di-pekalongan

https://www.hikvision.com/ueditor/net/upload/2018-02-21/2542958a-0c98-457c-902e-3d1ee8412035.pdf