Data is The New Gold, Potensi Big Data Perkaya Kehidupan

Posted By smartcomputerindo | 03 August 20 | Event

Data is The New Gold, Potensi Big Data Perkaya Kehidupan

 

 

Big data sangat penting untuk kehidupan kita saat ini. Bahkan, data disebut sebagai “new gold” karena dapat menjadi sumber keuntungan bagi pelaku bisnis di dunia maya. Pidato kenegaraan Presiden Jokowi tanggal 16 Agustus 2019 menyebutkan bahwa data kini merupakan jenis kekayaan baru yang lebih berharga dari minyak.

Sebelum menelisik lebih lanjut tentang pernyataan “data adalah emas jenis baru”, saatnya berkenalan dengan definisi “Big Data”. Big Data meliputi suatu trend luas dalam dunia bisnis dan teknologi. Kata ini mengacu pada teknologi dan inisiatif yang melibatkan beragam data berukuran besar yang berubah dengan cepat. 

Pemberdayaan Big Data dalam sebuah perusahaan tak hanya dapat meningkatkan keuntungan saja. Manfaat lainnya adalah menghemat pengeluaran hingga mencapai target bisnis lainnya. Contohnya saja membuat aplikasi baru berdasarkan data real-time tentang produk yang berhasil dikumpulkan. Selain itu, Big Data juga dapat mengurangi biaya dari aplikasi yang telah ada dengan cara meningkatkan efektivitasnya. Big Data pun dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan melalui respon yang lebih cepat dan akurat sesuai permintaan mereka.

Tampak jelas bagaimana manajemen data menjadi bagian kritis bagi penguasaan pasar dan pencapaian tujuan perusahaan. Event Data is The New Gold dapat membuka inspirasi bagi Anda, para pebisnis pemula, akademisi, hingga orang-orang yang ingin terlibat lebih jauh dalam pemafaatan Big Data. TECHMinar ini akan dihadiri oleh sederet speaker berpengalaman di bidang data:

  1. Rudi Rusdiah (Chairman Asosiasi Big Data Indonesia)

Asosiasi Big Data Indonesia atau Association of Big Data Indonesia (ABDI) didirikan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di supply chain teknologi big data sepaka. ABDI berkontribusi dalam pembuatan draf regulasi dan peraturan terkait dengan data sebagai komoditas strategis. 

  1. Nabil Badjri (Chief Business Development IYKRA)

IYKRA merupakan hiring solution sekaligus lembaga edukasi yang berfokus pada pembangunan talent secara profesional dalam bidang data, teknologi dan bisnis.

  1. Pungky Sulistyo (Country Product Manager HPE)

Hewlett Packard Enterprise (HPE) Company adalah sebuah perusahaan multinasional teknologi informasi asal Amerika Serikat yang berpusat di Palo Alto, California. Bisnis ini fokus pada organisasi dengan empat divisi yakni Enterprise Group, yang bekerja di server, penyimpanan, jaringan, konsultasi dan dukungan; Services; Software; dan Financial Services.

TECHMinar Data is The New Gold akan diadakan tanggal 4 Agustus 2020, gratis dan ada doorprize yang menanti! Daftarkan diri Anda sekarang juga lewat akun IG @KreenIndonesia. Siap-siap ubah data menjadi cuan dan pendapatan tambahan.

Sumber: 

Buku Teknologi Big Data: Sistem Canggih dibalik Google, Yahoo!, Facebook, IBM (dapat diperoleh dalam versi eBook dan Hardcopy) → http://www.teknologi-bigdata.com/2015/12/apa-itu-big-data-definisi-big-data-jenis-big-data-manfaat-big-data.html

https://mediaindonesia.com/read/detail/64484-asosiasi-big-data-indonesia-diluncurkan