Aplikasi Meeting Online Gratis, Cisco Webex, Kini Bisa Ganti Background Layaknya Zoom

Posted By smartcomputerindo | 06 August 20 | Business Insight

Kebutuhan video call semakin mendesak sejak WFH. Akibatnya, kehadiran aplikasi meeting online gratis semakin disukai masyarakat. Cisco Webex, salah satu dari mereka baru-baru ini membuat update fitur penggantian background layaknya Zoom agar meeting makin interaktif!

 

 

Aplikasi ini tadinya diinisiasi oleh perusahaan pemain tertua di bidang konferensi video, Webex. Webex jauh didirikan sejak tahun 1995, barulah kemudian diakuisisi oleh Cisco tahun 2007 senilai 3,2 miliar USD. 

 

Webex.com

 

Aplikasi video call  Cisco Webex lebih banyak digunakan untuk kepentingan formal dan bisnis ketimbang keperluan silaturahmi pribadi. Penggunaannya berkisar untuk rapat bisnis, maupun kelas-kelas online yang memfasilitasi diskusi dengan dosen dan guru.

 

Sejak pandemi, aplikasi meeting online gratis ini juga mencatatkan peningkatan pemakaian. Tak tanggung-tanggung, laporan Cisco Webex pada April 2020 menunjukkan rata-rata jumlah pertemuan mencapai angka 25 juta.

Aplikasi Cisco Webex baru saja mengumumkan tampilan baru, yakni fungsi pengubah background. Pengguna kini bisa meningkatkan privasi mereka dengan membuat background video mereka menjadi blur. Selain itu, pengguna bisa memilih deretan wallpaper yang disediakan Cisco Webex sebagai latar video mereka.

Blog.webex.com

Fitur pengubah background ini mengamankan akun dari pengguna yang nakal. Rapat dan diskusi dapat dijalani dengan tenang tanpa perasaan was-was karena lokasi pengguna juga makin terlindungi.

Bukan rahasia umum jika aplikasi meeting online gratis lainnya telah melakukan pembaruan ini lebih dulu. Sebut saja Google Meet, Zoom, dan Microsoft Teams.

Cisco Webex termasuk salah satu aplikasi meeting online yang cukup aman. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dari laptop maupun smartphone. Cisco Webex memberikan kapasitas peserta sebanyak maksimal 100 orang dalam panggilan. Meski begitu, aplikasi satu ini tak memberikan limit durasi meeting.

Seperti pada Zoom, aplikasi video call ini menyediakan pembagian peran bagi peserta yang terlibat. Ada peserta yang menjadi host, presenter, moderator, dan peserta biasa. 

 

Cara penggunaannya pun cukup standar. Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi, Anda bisa langsung memasukkan meeting ID atau melakukan sign-in terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengaturan pada kamera dan speaker yang Anda inginkan sebelum menjalankan meeting.

 

Sumber:

https://www.harapanrakyat.com/2020/07/aplikasi-cisco-webex-punya-tampilan-baru/

https://kumparan.com/berita-hari-ini/cara-pakai-cisco-webex-aplikasi-alternatif-untuk-gelar-rapat-virtual-1tnjC7nxdTn

 

https://nextren.grid.id/read/012239659/cisco-webex-baru-hadirkan-background-untuk-pengguna-saat-rapat-virtual?page=all