Game Sony PS4 Catatkan Rekor Penjualan Selama Pandemi

Posted By smartcomputerindo | 06 August 20 | Business Insight

Gaming tampaknya menjadi salah satu pilihan aktivitas favorit selama karantina di rumah. Hal ini dibuktikan oleh data salah satu perusahaan raksasa, Sony. Penjualan game perangkat mereka, Sony PS4 mencatat rekor penjualan selama pandemi!

 

 

Dilansir dari Engadget, selama periode tiga bulan terakhir hingga 30 Juni 2020, penjualan game Sony PS4 mencapai 91 juta game. Artinya, terjadi peningkatan sebanyak 83 persen dari angka yang tercatat pada kuartal tahun lalu yakni sebanyak 49,8 juta game saja.

 

Playstation.com

 

Penjualan game Sony First-Party sebanyak 18,5 Juta, diikuti penjualan game The Last of Us Part II dan Ghost of Tsushima. Padahal, pada kuartal tahun lalu, game First-Party hanya terjual 11,7 juta unit.

 

Rupanya, 74 persen dari total transaksi merupakan pembelian game secara digital. Selain peningkatan positif dalam penjualan game, member PS Plus juga dilansir mencapai angka 44,9 juta orang.

 

Sayangnya, penjualan game tak dibarengi dengan penjualan perangkat keras. Hardware konsol Sony PS4 justru mengalami penurunan. Sony hanya berhasil menjual 1,9 juta selama tiga bulan periode tersebut. Senada dengan penjualan konsol, bagian lain dari bisnis Sony seperti film, TV, kamera, dan ponsel pintar juga mengalami penurunan.

 

Playstation.com

 

Meski begitu, jika ditilik berdasarkan pendapatan keseluruhan, Sony berhasil mengantongi total sebanyak USD 18,6 miliar untuk kuartal tersebut. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya mencapai USD 18,1 miliar. Pada sisi lainnya, Sony harus mengakui bahwa pendapatan operasional mereka turun dari USD 2,18 miliar ke USD 2,15 miliar dibanding kuartal yang sama tahun lalu. 

 

Sumber

https://www.merdeka.com/teknologi/sony-laporkan-peningkatan-penjualan-gim-ps4-nyaris-2-kali-lipat.html

https://inet.detik.com/business/d-5121430/sony-catat-rekor-penjualan-game-sony-ps4-meningkat-83

 

https://www.liputan6.com/tekno/read/4322340/penjualan-gim-ps4-selama-pandemi-covid-19-meningkat-hampir-dua-kali-lipat