Virtual Desktop Infrastructure, Layanan Nutanix untuk Dukung Kerja Jarak Jauh

Posted By smartcomputerindo | 17 August 20 | Business Insight

Kerja jarak jauh menjadi kebutuhan banyak orang sejak pandemi. Beberapa perusahaan tak lagi mengharuskan karyawannya untuk bekerja di kantor demi memikirkan resiko kesehatan mereka. Meski begitu, perusahaan tentu membutuhkan pemantauan agar setiap jobdesk menyelesaikan tugasnya dengan tuntas dan mencapai target yang diinginkan. Layanan VDI dari Nutanix dapat mengoptimalkan aktivitas tersebut.

‘FastTrack for VDI” dari Nutanix adalah layanan yang mengkombinasikan Nutanix HCI dan software garapan mitra untuk mengoptimalkan layanan VDI dalam beberapa minggu.

VDI atau (Virtual Desktop Infrastructure) alias Infrastruktur Virtual Desktop adalah perkembangan teknologi komputasi yang mengusung sebuah konsep pemisahan komputer desktop pribadi dari mesin fisiknya (CPU) dengan menggunakan model client-server. Komputasi server side memungkinkan karyawan mengoperasikan virtualisasi desktop, meliputi virtualisasi perangkat keras dan sistem perangkat lunaknya. 

Tren kerja jarak jauh diperkirakan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang. Dilansir dari laporan Deloitte, sebanyak 21,2 juta orang di Indonesia berpotensi untuk bekerja dari jarak jauh hingga beberapa tahun pasca pandemi.

Keberadaan VDI sangat mendukung sistem kerja seperti ini. VDI memungkinkan karyawan memiliki akses ke tools dan aplikasi yang mereka butuhkan agar kinerja tetap efisien dan produktif. 

Creativart/Freepik

 

Keuntungan penggunaan ‘FastTrack for VDI’ dari Nutanix adalah instalasi dan implementasi yang sangat cepat. Bila umumnya ekosistem VDI membutuhkan periode pembangunan dan operasional hingga beberapa bulan, layanan VDI dari Nutanix hanya memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu saja. 

‘FastTrack for VDI’ membantu keberlangsungan perusahaan dalam waktu lama. Kebijakan kerja jarak jauh bukan lagi masalah dan bisa segera diterapkan. Solusi VDI yang ditawarkan Nutanix mencakup set-up desktop virtual dalam waktu kurang dari lima hari kerja dengan pengaturan yang telah ditetapkan oleh Nutanix. 

Pada saat yang sama, karyawan memiliki akses yang aman ke aplikasi dan tools. Mereka tak perlu memikirkan gangguan lain dengan kontrol dan keamanan yang tinggi. Karyawan dapat memastikan kinerja mereka tetap optimal meski menerapkan sistem kerja jarak jauh. 

Perusahaan dapat mempercepat transformasi digital mereka di masa krisis ini. ‘FastTrack for VDI’ dari Nutanix mempermudah akses aplikasi dan tools dari jarak jauh dengan manajemen yang simpel bahkan dapat menggunakan perangkat pribadi, namun pada saat yang sama dikelola oleh kebijakan keamanan ketat. 

Creativart/Freepik

Nutanix menyediakan paket-paket VDI bagi konsumen mereka. Pelanggan bisa memanfaatkan hardware yang mereka punya, memilih hardware dari Nutanix atau memanfaatkan infrastruktur cloud yang dikelola oleh mitra managed service provider (MSP), termasuk Cyxtera.

Beberapa perusahaan global seperti 3i Infotech & Korea Western Power telah merasakan manfaat dari pemakaian Nutanix VDI. Mereka berhasil menerapkan sistem kerja jarak jauh pada lebih dari 250 karyawan hanya dalam beberapa minggu. Pengalaman kerja yang dirasakan para karyawan juga cenderung positif, apalagi didukung dengan keamanan source code dan perangkat yang memadai tanpa menggantungkan performa dari administrator.

Selain itu, login speed meningkat mencapai 5x dari 150 detik hingga 30 detik saja. Perusahaan pun merasakan ketahanan yang lebih tinggi saat pandemi dan masa-masa tak tenang ini.

Nutanix yang memiliki klien dari berbagai perusahaan hingga instansi pemerintahan dan pendidikan ini baru saja meraih predikat Leader dalam The Forrester Wave™: Hyperconverged Infrastructure, Q3 2020, yang diterbitkan oleh Forrester Research, Inc. 

 

Berdasarkan evaluasi 11 vendor, Nutanix berhasil menjuarai posisi leader berkat visinya melayani TI enterprise lebih dari sekadar HCI, serta mempertahankan posisi terdepan melalui inovasi yang berkelanjutan, investasi dalam research and development, momentum penjualan, berbagai kemitraan, dan akuisisi pelanggan baru di semua segmen dan wilayah geografis.

 

Sumber:

 

https://selular.id/2020/07/layanan-baru-nutanix-dukung-sistem-kerja-dari-jarak-jauh/

https://www.nutanix.com/company/customers/3i-infotech

https://www.nutanix.com/company/customers/korea-western-power

 

https://investor.id/it-and-telecommunication/nutanix-meraih-predikat-leader-dalam-hyperconverged-infrastructure