Tren Teknologi Pengenalan Wajah Cegah COVID-19

Posted By smartcomputerindo | 10 August 20 | Productivity

Pasar teknologi pengenalan wajah diperkirakan akan mencapai angka $ 9,6 miliar pada tahun 2022. Teknologi biometrik ini bekerja dengan membandingkan fitur wajah dari tangkapan kamera atau gambar dengan database wajah yang disimpan. Kepopulerannya semakin meningkat sejak COVID-19, salah satunya karena mendukung proses identifikasi yang contactless

Mengapa Teknologi Pengenalan Wajah Makin Populer saat COVID-19

 

Credit: Amanda Dalbjorn/Unsplash

 

Menurut Allied Market Research, ada beberapa dampak COVID-19 terhadap tren teknologi pengenalan wajah secara global.

 

  1. Peningkatan Awareness atau Kepedulian terhadap Kesehatan

Hal ini akhirnya meningkatkan permintaan perusahaan terhadap sistem pengenalan wajah. Perusahaan beralih ke sistem ini sebagai usaha alternatif untuk mencegah penyebaran COVID-19.

 

  1. Kemunculan Kombinasi Teknologi Pengenalan Wajah

Berbagai inovasi mulai dikembangan dalam sistem pengenalan wajah. Sebut saja integrasi AI dan termografi inframerah. Kombinasi ini dapat melakukan deteksi suhu sekaligus mendeteksi pemakai masker.

 

  1. Sistem Pengenalan Wajah Merambah Berbagai Sektor

Tak hanya perusahaan swasta, beberapa lembaga pemerintah juga turut berpartisipasi dalam penerapan alat tersebut.

Teknologi Pengenalan Wajah Sebagai Solusi Keamanan

JIka perusahaan Anda termasuk pemegang komitmen kesehatan karyawan, Bosch Touchless Access Control Solution dapat menjadi pilihan. Solusi keamanan ini memastikan akses kesehatan maupun keamanan yang mumpuni.

 

Credit: Boschsecurity.com

 

Bosch Touchless Access Control Solution terdiri dari beberapa komponen.

 

  1. Kamera

Memastikan pengenalan wajah secara akurat. Perangkat ini hanya memberikan akses bagi wajah yang telah memiliki izin resmi atau terdaftar pada database. Kamera ini memeriksa wajah secara teliti dalam segala kondisi sebelum memberikan akses. 

 

  1. Facial Recognition Software

Perangkat lunak ini akan terhubung pada sebuah monitor pemantau. Keduanya akan bekerja sama dalam mengidentifikasi apakah seseorang berada di white list atau black list. Barulah setelahnya, alat ini menolak atau memberikan izin bagi mereka untuk memasuki suatu tempat.

 

  1. Modular Control sebagai Backbone

Perangkat ini biasanya diletakkan di belakang layar, namun alat ini adalah alasan utama teknologi pengenalan wajah dapat berjalan. 

 

  1. Gentry atau gate entry

Gentry ini adalah partikel kembar yang berfungsi sebagai gerbang atau palang sebelum memasuki gedung utama. Gentry dapat Anda lihat pada stasiun MRT atau lobby kantor.

 

Beginilah kira-kira cara kerja Bosch Touchless Access Control Solution. Ketika seseorang akan memasuki gate entry, kamera akan melakukan scan pada wajah orang tersebut. Solusi keamanan ini akan memastikan wajah seseorang secara akurat pada jarak tertentu yang cukup dekat dengan alat. 

 

Sistem konfigurasi back-end yang jeli akan membuat solusi keamanan ini sangat aman. Alasannya karena sistem keamanan ini tak akan terbuka dengan mudah jika jarak wajah seseorang yang akan dikenali terlalu jauh. Hal ini tentu membuat seseorang tak bisa mengakali alat dengan mencuri kesempatan untuk berlari melewati palang tanpa terdeteksi. 

 

Teknologi pengenalan wajah ini pun dapat mengenali kecurangan dalam proses identifikasi. Misalnya dalam kasus seseorang yang “menumpang” akses dari orang lain atau menyerobot antrian. Pada monitor pemantau, orang tersebut akan secara otomatis terdeteksi dalam “black list.” Solusi keamanan ini akan memastikan mobilitas akses tetap terjaga secara terstruktur dan terorganisir. 

 

Selanjutnya, orang yang telah masuk ke dalam blacklist tersebut dapat diawasi lebih lanjut. Informasi seperti area yang ia kunjungi di dalam gedung akan terdeteksi dengan jelas karena perangkat telah memiliki informasi wajahnya.

 

Beberapa tempat memiliki penerangan yang kurang memadai. Hal ini tak mengurangi keakuratan Bosch Toucless Access Solution dalam pemindaian wajah. Alat ini beroperasi dengan normal selayaknya pada tingkat kecerahan yang mencukupi. 

 

Bagaimana jika seseorang memakai atribut tertentu seperti hoodie, topi, hingga kacamata hitam? Solusi keamanan dari Bosch juga tak memiliki kesulitan yang berarti untuk melakukan identifikasi.

 

Teknologi pengenalan wajah terbukti memangkas waktu dalam proses akses atau absensi saat bekerja. Menggunakan solusi keamanan Bosch berarti Anda menjaga keberlangsungan sistem kerja dan para karyawan yang merupakan aset berharga bagi Anda. Solusi ini bisa Anda dapatkan lewat penyedia perkakas IT terkemuka, Smartcomputerindo. Pesan sekarang dalam satu kali transaksi di laman smarcomputerindo.com, otomatis jaminan garansi dan layanan purna-jual yang bersahabat.

 

Sumber:

https://web.facebook.com/watch/?v=2871234892985148

https://coleofduty.com/news/2020/06/21/current-trend-covid-19-impact-on-global-face-recognition-systems-market-set-to-expand-worldwide-forecast-by-2020-2025-top-companies-statistics-analysis-market-size-share-growth-trends-challeng/

https://www.alliedmarketresearch.com/facial-recognition-market