Nikon Indonesia Resmi Menutup Kegiatan Operasionalnya!

Posted By smartcomputerindo | 22 October 20 | Business Insight

Secara mengejutkan, PT. Nikon Indonesia mengumumkan penutupan operasionalnya di Indonesia mulai 22 Oktober 2020 setelah 8 tahun berdiri. Pengguna dan fotografer Nikon menyampaikan kesedihannya lewat media sosial.

 

Menurut keterangan PT. Nikon Indonesia, seluruh aktivitas layanan mereka mulai dari sales, marketing, dan service kini diserahkan langsung pada PT. Alta Nikindo selaku distributor resmi kamera Nikon di Indonesia. 

 

Annie Spratt/Unsplash

 

Nikon Corporation atau biasa dikenal dengan Nikon adalah salah satu perusahaan penyedia perangkat optik dan gambar asal Jepang. Pada awal-awal pendiriannya sekitar tahun 1917, perusahaan ini adalah hasil merger 3 perusahaan optik terkemuka di Jepang dan berubah nama menjadi Nippon Kogaku K.K. Empat tahun setelahnya, produk pertama mereka yakni teropong MIKRON 4x dan 6x ultra-small-prism serta mikroskop JOICO resmi diluncurkan ke publik. 

 

Tahun 2000, Nikon menjalin joint venture dengan Essilor International, perusahaan asal Perancis dengan pembentukan Nikon-Essilor Co., Ltd. Pada perkembangan selanjutnya, Nikon mengeluarkan berbagai produk unggulan mulai dari kamera digital, SLR, dan scanner. Nikon juga hadir di beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia.

 

Meski ditutup secara operasional, pemilik kamera Nikon di Indonesia masih dapat mengunjungi layanan Service Center Nikon Indonesia apabila ingin melakukan perbaikan atau berkonsultasi soal perangkat. 

 

Mattia Righetti/Unsplash

 

Layanan service center ini dibuka setiap hari kerja yakni Senin-Jumat dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00. Sementara untuk weekend, service center Nikon Indonesia hanya melayani konsultasi dan reparasi di hari Sabtu dari pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB.

 

Sayangnya, hingga saat ini, pihak PT. Nikon Indonesia masih belum membeberkan alasan menutup kegiatan operasionalnya di Indonesia.

 

Sumber

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/22/11575607/nikon-indonesia-tutup-ke-mana-pengguna-bisa-servis-kamera

https://m.merdeka.com/nikon/profil/