Peran Mentor dalam Pembangunan Start Up

Posted By smartcomputerindo | 27 November 20 | Productivity

Hasil penelitian Christina Yanita (2016) menunjukkan bahwa mentoring mempengaruhi keberhasilan start-up bisnis mahasiswa di beberapa universitas di Surabaya. Mentor menurut Clutterbuck (1991) dalam Sullivan (2000) memiliki peran penting yakni sebagai pelatih, koordinator, pendukung, pemantau, dan penyelenggara dari sebuah startup. Mentor mulai dilirik dalam proses pengembangan startup di Indonesia. Seberapa penting peran mentor dalam pembangunan sebuah startup? Ini rinciannya!

Mentor sebagai Pelatih & Koordinator: Membimbing dan Mengarahkan Start Up

NeonBrand/Unsplash

 

Penelitian Abiddin (2006) menunjukkan bahwa keberadaan mentor sangat penting dalam membantu peserta didik untuk menetapkan tujuan yang tinggi tetapi dapat dicapai, dan membuat rencana bisnis yang realistis.

 

Mentor yang baik dalam membangun start up dapat menjadi panutan bagi startup yang diampu karena memiliki pengalaman dan kemampuan profesional. Proses mentoring dipandang sebagai pengembangan bakat manajerial secara profesional, pengembangan nilai dan norma organisasi, serta melatih pihak yang kurang berpengalaman.

 

Salah satu fungsi penting mentor adalah memfasilitasi konseling. Nantinya, proses ini akan meningkatkan hubungan antara mentor dengan startup yang dibina melalui pemberian dukungan, umpan baik, nasihat, konsultasi, pengajaran, evaluasi, motivasi, dan pemantauan masalah profesional.

Mentor sebagai Penyelenggara & Pemantau: Membagikan Kisah Inspiratif dan Tips

Pressfoto/Freepik

 

Sullivan (2000) menjelaskan bahwa mentor yang tepat dapat membantu wirausaha baru ke tahap perkembangan yang lebih baik. Mereka akan membantu dalam melakukan analisis kelayakan bisnis, membantu menjaga komitmen dan kedisiplinan, serta menambah wawasan bisnis.

 

Rata-rata mentor telah merasakan asam garam dalam mendirikan startup. Tentu, akan banyak saran dan tips untuk memperbaiki kesalahan yang mereka alami di masa lalu. Sebagai pemilik startup, Anda juga dapat bertukar pikiran dan mengkonsultasikan permasalahan pada startup Anda. Pengalaman belajar langsung dari orang yang berpengalaman tak akan serupa dengan menonton video atau membaca buku.

 

Penelitian Abiddin (2006) menjelaskan bahwa peran utama mentor adalah menyediakan memantau kemajuan, memberikan umpan balik, memberikan teladan, menyampaikan keterampilan, membantu dalam memecahkan masalah, serta memberikan dukungan pribadi dan motivasi di mana hubungan antara mentor dan peserta didiknya adalah hubungan yang menguntungkan.

 

Sullivan lagi-lagi menekankan bahwa proses mentoring membantu tercapainya keberhasilan bisnis start-up yang ditunjukkan dalam penentuan alat untuk mengatasi masalah serta kemampuan belajar dari insiden kritis selama fase awal pembangunan bisnis.

Mentor sebagai Pendukung: Membuka Peluang Koneksi 

Katemangostar/Freepik

 

Abiddin (2006) menjelaskan bahwa salah satu peran mentor adalah menyediakan sumber daya dan peluang untuk pengembangan. Mentor umumnya adalah seseorang dari satu bagian atau organisasi dengan peringkat, pengetahuan, dan pengalaman yang lebih tinggi.

 

Mereka telah banyak bertemu orang dari berbagai jabatan dan bidang. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh relasi bisnis sebanyak-banyaknya. Jaga hubungan baik dan akrab dengan mentor untuk membuka peluang relasi lebih luas lagi.

 

Selain peluang koneksi, ada banyak peluang lain yang bisa Anda dapatkan jika Anda jeli dalam proses mentoring. Menurut David Cohen dalam Three Steps in Finding a Business Mentor, seorang mentor yang baik dalam membangun start up akan menjejali Anda dengan masalah-masalah pelik. 

 

Tujuannya, menantang Anda untuk mencapai perolehan yang melebihi target yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Nantinya, mereka akan membagikan pengalamannya dan membantu Anda menemukan peluang baru yang tak pernah Anda bayangkan. 

 

Selamat menemukan mentor yang tepat untuk start up Anda! Baca panduan lainnya di sini.

 

Sumber

 

https://www.researchgate.net/publication/273143290_Mentoring_an_Entrepreneur_Guide_for_a_Mentor/link/54fa10380cf20b0d2cb634b4/download

https://www.researchgate.net/publication/309003760_Dampak_Mentoring_Pada_Keberhasilan_Start-Up_Business_Studi_Kasus_Pada_Start-Up_Business_di_Indonesia_Mentoring_the_Impact_of_Success_of_a_Start-Up_Business_A_Case_Study_of_a_Start-Up_Business_in_Indon/link/5a3016c4a6fdccbf7ef13286/download

https://konekzy.com/pentingnya-mentor-startup/

https://books.google.co.id/books?id=2MpGDwAAQBAJ&pg=PA212&dq=mentor+startup&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiO_KmxvfnrAhXkIbcAHaecAHQQ6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=mentor%20startup&f=false