Tren NFC pada HP yang Makin Populer

Posted By smartcomputerindo | 26 November 20 | Business Insight

Baru-baru ini, muncul informasi perilisan ponsel gaming dengan teknologi NFC, yakni POCO X3 NFC. Sering dengar istilah NFC namun belum mengetahui artinya? Yuk baca artikel ini untuk memahami apa itu NFC dan fungsi NFC pada HP!

Apa itu NFC?

Pressfoto/Freepik

 

Untuk memahami apa itu NFC pada HP, Anda perlu belajar tentang dasar NFC terlebih dahulu. Menurut buku Tip dan Trik Merawat Ponsel Berbasis Android, NFC atau Near-Field Communication adalah teknologi nirkabel untuk menyambungkan antar perangkat. Konsepnya serupa dengan teknologi pendahulu seperti infrared, bluetooth, dan WiFi.

 

Penggunaan Teknologi Near Field Communication tak lagi terbatas pada sarana konektivitas saja, namun juga merambah pada bidang keuangan dan finansial. NFC mempermudah aktivitas pelanggan untuk melakukan pembelian tanpa datang ke toko. Anda juga bisa membayar ongkos taxi, kereta, dan bus dengan teknologi NFC. 

 

NFC dikembangkan sebagai layanan micropayment yang mirip dengan mobile banking. Bedanya, NFC tak membutuhkan rekening dalam proses transaksi.

 

Penggunaan NFC cukup dilakukan dengan mendekatkan ponsel ke perangkat pembaca data (wireless reader). Alat itu akan bekerja sebagai kasir toko/swalayan yang sedang membaca barcode barang yang dibeli.

Fungsi NFC pada HP

Wayhomestudio/Freepik

 

Contoh fungsi NFC pada HP adalah service initiation; Sharing; Pairing; dan Secure NFC. Contoh service  initiation adalah menggunakan smartphone untuk mendapatkan informasi tentang suatu barang dengan memanfaatkan chip dan aplikasi. 

 

Misalnya saja dalam kasus sebuah museum. Ada sebuah aplikasi berisi informasi koleksi museum dan ratusan chip yang ditempelkan pada koleksi tersebut. Kita tinggal membuka aplikasi, lalu mendekatkan ponsel ke arah chip yang tertempel pada koleksi tertentu. Nantinya, akan muncul informasi tentang barang museum tersebut.

 

Fungsi NFC pada HP yang kedua adalah Sharing. Hal ini bisa dilihat pada aplikasi untuk bertukar kartu nama elektronik. Caranya sangat mudah, hanya mendekatkan ponsel dengan fitur NFC satu sama lain. 

 

Fungsi Pairing artinya fungsi NFC pada HP membuat kita mampu memainkan game secara multiplayer. Ketimbang memakai pairing bluetooth yang cukup memakan waktu, HP dengan fitur NFC akan mempermudah aktivitas tersebut. 

 

Tak hanya itu, pairing NFC juga memfasilitasi koneksi antara smartphone ke alat pendukung gaming lainnya seperti speaker wireless.

 

Fungsi NFC pada HP yang terakhir adalah Secure. Kita bisa memasukkan aplikasi mastercard atau visa ke dalam smartphone kita. Inilah yang menyebabkan transaksi di merchant sangat mudah dilakukan melalui smartphone.

Pilihan HP dengan Fitur NFC

Prostooleh/Freepik

 

Salah satu merk hp yang ada nfc adalah POCO X3 NFC. Namun, meski telah dirilis secara global, Indonesia masih harus menanti peluncuran ponsel gaming mid-range ini pada 15 Oktober 2020 nanti. 

 

Jangan khawatir, ada beberapa pilihan HP berteknologi NFC lainnya yang bisa Anda jajal. Contohnya saja beberapa series Apple: iPhone 6s; iPhone 7 Plus; iPhone 8; dan iPhone XR.  

 

Sementara, HP Samsung dengan fitur NFC adalah Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy S9 plus.

 

Seluruh series Samsung dan Apple ini tersedia di Smartcomputerindo. Anda akan mendapatkan layanan purna-jual dengan sempurna, didukung oleh customer service yang ramah dan fast-respond. Smartcomputerindo telah melayani pengiriman produk ke seluruh nusantara. 

 

Saat ini tersedia kantor cabang dan service center di area Jabodetabek, Aceh, Medan, Batam, Tanjung Pinang, Malang, Jombang, Bandung, Bali, dan Jayapura yang akan memberikan instalasi gratis. 

 

Smartcomputerindo juga sedang mengembangkan layanan antar-jemput dan service barang yang rusak. Tunggu apalagi, kunjungi laman Smartcomputerindo dan masukkan ponsel NFC ke keranjang belanja Anda!

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=SttMDwAAQBAJ&pg=PA29&dq=nfc+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjGy_OU16bsAhWGbSsKHVu5DYcQ6AEwAXoECAMQAg#v=onepage&q=nfc%20adalah&f=false