Kering Kentang, Alternatif Mudah untuk Si Kecil yang Susah Makan

Posted By smartcomputerindo | 06 January 21 | Merchant Highlight

Kering kentang adalah lauk yang praktis dan tahan lama. Selain cocok untuk anak kos, panganan satu ini ternyata bisa dipakai menyiasati si kecil yang susah makan. 

Kenapa Harus Kering Kentang?

Pixabay.com

 

Di Indonesia, gejala kekurangan gizi pada balita masih cukup tinggi, mencapai 30%. Selain itu, 7% dari jumlah wanita mengandung dan 3% dari wanita menyusui juga menunjukkan gejala kekurangan protein.

 

Di sinilah kentang memberi sumbangan yang tidak kecil. Ternyata, kentang punya kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, fosfor, besi, kalsium, dan lemak. Kandungan mineral dan vitamin inilah yang dapat menjadi alternatif untuk menyiasati masalah gizi di Indonesia.

 

Kentang sebagai sumber energi sifatnya mengenyangkan karena mengandung karbohidrat tinggi. Namun, kalorinya lebih rendah dibanding nasi. 

 

Umumnya, tekstur, aroma, dan rasa dari makanan tertentu menjadi penyebab utama yang membuat anak tak berselera makan. Sebaliknya, kentang justru menjadi makanan favorit semua usia karena teksturnya yang lunak serta aroma dan cita rasanya yang netral.

 

Selain menjadi “umpan” agar si kecil mau menikmati makan siang, kering kentang pun dapat disimpan sewaktu-waktu sebagai camilan untuk seluruh anggota keluarga.

 

Resep Kering Kentang Renyah dan Awet

Cookpad.com

 

Melansir detikfood, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapat cita rasa kering kentang yang enak.

 

Meski terlihat sederhana dan sepele, Anda harus super teliti sejak menyeleksi kentang. Pilih kentang yang segar, keras, dan permukaannya mulus. Ukuran kentang yang besar juga dapat menjadi keuntungan tersendiri dalam kemudahan memotong. Salah satu jenis kentang yang disarankan adalah kentang tes.

 

Setelah menemukan kentang yang bagus, iris kentang dengan ukuran sama besar. Anda bisa memotongnya secara melintang (segi empat) atau sebesar batang korek api. Ukuran kentang yang sama akan membuat kentang matang secara merata saat digoreng.

 

Kapur sirih adalah kunci membuat kering kentang yang renyah. Rendam kentang dalam campuran berisi 2-3 liter air dan 1 sdm air kapur sirih selama 30 menit. Tiriskan dan bilas kentang hingga bersih.

 

Teknik menggoreng pun sangat menentukan kerenyahan dari si kering kentang. Pakailah metode deep frying yakni minyak banyak dan panas sedang. Pastikan seluruh potongan kentang telah terendam minyak dalam wajan.

 

Jika Anda memiliki bumbu paduan seperti cabe merah, teri, kacang, atau bawang merah goreng, pastikan untuk memisahkan proses menggoreng.

 

Mendapatkan Kering Kentang Secara Instan

Bila Anda seorang working parents, karyawan, atau mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan, Anda tetap bisa menikmati setoples kering kentang tanpa perlu melewati banyak proses yang kompleks.

 

Solusinya adalah membeli kering kentang yang telah tersedia di pasaran. Kentangkan Saja adalah salah satunya. Anda bisa memesannya sambil rebahan lewat website Smartcomputerindo.

 

Smartcomputerindo

 

Lewat pembelian ini, Anda juga turut mendukung produk lokal Indonesia, UMKM. Dapatkan kering kentang Anda di sini, kami melayani pengiriman ke seluruh nusantara! 

 

Sumber

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4002664/agar-kering-kentang-hasilnya-garing-dan-renyah-perhatikan-6-tips-penting-ini

https://tirto.id/resep-kering-kentang-pedas-lauk-praktis-untuk-berbuka-puasa-e7vG

http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/download/687/637

https://books.google.co.id/books?id=nloXHcjSO6MC&pg=PA4&dq=gizi+kentang+anak&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwivtpqYw4buAhVMXSsKHf05BS0Q6AEwAHoECAYQAg#v=onepage&q=gizi%20kentang%20anak&f=false

https://books.google.co.id/books?id=nloXHcjSO6MC&pg=PA4&dq=gizi+kentang+anak&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwivtpqYw4buAhVMXSsKHf05BS0Q6AEwAHoECAYQAg#v=onepage&q=gizi%20kentang%20anak&f=false

 

https://books.google.co.id/books?id=0XcqtwevONgC&pg=PP4&dq=manfaat+kentang+anak&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjCrZqSxIbuAhWIbisKHSvgCyMQ6AEwBHoECAIQAg#v=onepage&q=manfaat%20kentang%20anak&f=false