Tingkatkan Kecepatan Wifi dengan Trik Ini!

Posted By smartcomputerindo | 20 January 21 | Productivity

Wifi adalah salah satu sarana penting saat COVID-19 memaksa Anda melakukan segala sesuatu dari rumah. Koneksi wifi yang buruk bisa menghambat banyak hal seperti pekerjaan, tugas-tugas sekolah, maupun akses hiburan. Melansir Forbes, The Verge, dan Business Insider, ini trik agar wifi rumahan Anda senantiasa cepat dan bebas hambatan!

Sesuaikan Bandwidth dengan Kebutuhan

Masalah pertama yang membuat WiFi terasa sangat lambat adalah kurangnya pertimbangan Anda dalam memilih bandwidth yang tepat. Berapa orang yang memakai WiFi dalam rumah Anda? Apa aktivitas yang rutin mereka lakukan dengan koneksi tersebut?

 

Sebuah tips dari Liputan6 dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi dalam mempertimbangkan hal ini. Akses internet dengan kecepatan 10 Mbps optimal untuk rumah dengan 2 pengguna aktif dan akses internet melalui 3-4 perangkat, baik berupa ponsel pintar, PC/laptop maupun tablet. Jenis penggunaan yang sesuai adalah browsing dan streaming.

 

Bila keluarga Anda terdiri dari 3-8 orang, bandwidth dengan kecepatan 20-50 Mbps paling cocok dipilih. Jenis koneksi ini mampu memfasilitasi perangkat sebanyak 4 hingga 15 buah mulai dari PC/laptop, ponsel pintar, tablet, televisi maupun IP Camera. Jenis aktivitas yang bisa dilakukan pun makin bervariasi, mulai dari browsing, download/upload file, lagu, video, streaming YouTube dengan kualitas HD, dan video OTT.

 

Anda pun dapat meminimalisir melambatnya WiFi akibat terbaginya kecepatan broadband dengan mengurangi penggunaan perangkat atau aktivitas. Misalnya, apakah streaming video perlu dilakukan dengan resolusi tinggi? Apakah video yang ditonton anggota keluarga dapat dilakukan lewat satu layar besar ketimbang menonton dari masing-masing perangkat individu?

Temukan Spot dengan Koneksi Terbaik dan Pindahkan Router

Freepik.com

 

Spot dan koneksi ternyata memiliki hubungan erat. Tak dipungkiri, alasan ini kerap membuat Anda lebih pilih menggunakan wifi publik karena tak perlu bersusah payah mencari area yang "kaya sinyal". Inilah cara aman menggunakan wifi gratis di tempat umum.

 

Bagaimana dengan yang punya wifi sendiri di rumah? Anda mungkin juga sering merasakan perbedaan kecepatan yang signifikan saat mengakses koneksi pada satu area dan lainnya meski masih berada dalam satu rumah. 

 

Saatnya berkeliling rumah dan cek area yang mendapat sinyal dan koneksi WiFi terkuat. Selanjutnya, pilih lokasi terbaik untuk router sesuai observasi yang telah Anda lakukan. Beberapa tips yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan router WiFi berada pada tempat tinggi yang tak terhalang. 

 

Sinyal WiFi yang menyerupai sinyal radio memiliki kesulitan untuk menembus material padat seperti tembok bata, peralatan dari besi seperti kulkas, dan volume air yang besar seperti kolam. Spot paling bagus meletakkan router WiFi adalah di tengah-tengah rumah agar seluruh area dapat terjangkau.Bila perlu, pasang kabel ethernet pada router untuk membantu mempermudah perolehan koneksi yang memuaskan.

Cek “Penumpang Gelap” pada WiFi Anda

Clem Onojeghuo/Pexel

 

Hal yang perlu diwaspadai pada WiFi rumahan sekalipun adalah “pengguna gelap” tak berizin yang menggunakan koneksi Anda. Pahami bagaimana seorang hacker bisa membobol password WiFi Anda.

 

Inilah mengapa aktivitas ganti sandi WiFi sangat perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya, jika password WiFi tak cukup kuat, sangat mudah bagi tetangga atau sembarang orang untuk mengakses koneksi rumah Anda. 

 

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kecepatan broadband WiFi yang Anda gunakan. Gunakan aplikasi mobile dari router Anda atau admin control panel untuk mengganti sandi Anda segera.

Senantiasa Cek Kecepatan WiFi

Freepik

 

Salah satu alasan penting lainnya WiFi menjadi lambat adalah overlapping dengan koneksi WiFi dengan tetangga atau sekitar. Router yang lawas dan tak segera diupdate pun dapat menjadi salah satu masalah lainnya.

 

Inilah pentingnya mengecek kecepatan WiFi dengan signal test app yang bisa mendeteksi hal-hal semacam tadi yang menyebabkan koneksi Anda menjadi terhambat. Anda pun dapat menggunakan website seperti speedtest.net or fast.com. Bila kecepatan Anda tak mencapai 5 Mbps, bisa jadi terdapat masalah pada ISP (Internet Service Provider), sehingga Anda bisa segera mencari informasi lebih lanjut.

Siapkan WiFi Extender atau Mesh Network

Bila rumah Anda cukup besar dan memiliki jarak antarruang yang luas, pertimbangkan untuk membeli WiFi extender atau mesh network untuk meningkatkan jangkauan konektivitas WiFi Anda.

Siapkan Koneksi Lain sebagai Backup

Sedia payung sebelum hujan, Anda tak bisa benar-benar mengandalkan WiFi setiap saat. Ada kalanya Anda harus menyiapkan konektivitas cadangan seperti mobile tethering, sehingga tak ada salahnya menyiapkan mobile hot spot atau pun alternatif lain seperti WiFi portable.

 

Anda juga bisa mempelajari cara kerja unsur perangkat internet, misalnya cara kerja router, sebelum memutuskan melakukan pembelian atau pemasangan WiFi.

 

Setelah cukup memiliki pengetahuan, Anda bisa memperoleh beragam peralatan konektivitas mulai dari router, server, adapter, modem hingga extender untuk kebutuhan rumahan maupun perkantoran di laman Smartcomputerindo. 

 

Sebagai partner pengadaan barang dan jasa pemerintah, kami telah dipercaya untuk puluhan klien dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan Instansi Pemerintah. Selain itu, dengan lebih dari 10 kantor cabang di seluruh wilayah Nusantara, Anda akan mendapat instalasi gratis dan customer service yang siap melayani konsultasi maupun layanan purna-jual lainnya.

 

Klik untuk melihat katalog networking dan server sekarang!

 

Sumber

https://www.forbes.com/sites/danabrownlee/2020/04/13/use-these-5-simple-tips-to-boost-your-home-wifi-performance/?sh=12462146571d

https://www.liputan6.com/tekno/read/2558896/memilih-kecepatan-akses-internet-sesuai-kebutuhan-di-rumah

https://www.theverge.com/2020/3/19/21185759/wi-fi-work-at-home-how-to-router-mesh

https://www.businessinsider.com/how-to-boost-wifi-signal?r=US&IR=T