Mengenali Jenis Server yang Tepat untuk Perusahaan

Posted By smartcomputerindo | 05 January 21 | Productivity

Server ternyata punya banyak manfaat untuk usaha, salah satunya mempercepat kerja dan menghemat biaya. Menurut buku Sistem Informasi Manajemen, kata server mengacu pada aplikasi peranti lunak dan komputer fisik (PC) di mana program jaringan berjalan di dalamnya. Apa saja manfaat server dan bagaimana cara memilih server yang tepat bagi perusahaan Anda?

Manfaat Memakai Server

Freepik

 

Dalam dunia komputasi server, kita mengenal istilah komputer server dan komputer klien. Komputer server ini ibaratnya komputer pusat yang tangguh dan akan menyediakan kapasitas dan layanan bagi komputer klien. 

 

Klien adalah titik masuk bagi pengguna, sementara server biasanya berfungsi untuk memproses dan menyimpan data bersama, menyajikan halaman web, atau mengelola aktivitas jaringan. Server dapat berupa mainframe, namun dewasa ini komputer server umumnya adalah PC yang lebih berdaya, menggunakan Intel yang tak begitu mahal, dan sering menggunakan banyak prosesor dalam satu komputer.

 

Komputasi klien/server membuat perusahaan mampu mendistribusikan pekerjaan komputasi melintasi mesin yang lebih kecil dan lebih murah, yang harganya jauh lebih rendah daripada komputer mini atau sistem mainframe terpusat.

 

Memakai komputer server akan memangkas biaya dan waktu dalam menjalankan aktivitas perusahaan. Misalnya, jika dalam sebuah perusahaan ada komputer server yang terhubung ke semua komputer lain sebagai kliennya, semua data pun dapat dibagikan ke sesama client dalam jaringan perusahaan tersebut. 

 

Contoh lainnya adalah saat mencetak file, proses berbagi dokumen bisa dilakukan melalui komputer server sehingga hanya dibutuhkan satu buah printer saja ketimbang harus memasang printer pada setiap komputer klien.

Memahami Jenis-Jenis Server Berdasarkan Kebutuhan

Buku “Membangun Server dan Jaringan Komputer dengan Linux Ubuntu” menjelaskan pembagian jenis server berdasarkan kebutuhannya. Keempatnya adalah value server, midrange server, blade server, dan enterprise server.

 

Freepik

Value Server

Value (entry-level) server diperuntukkan bagi perusahaan dengan karyawan atau pengguna sekitar 10 komputer. Jenis server ini dilengkapi dengan teknologi single-processor yang cocok untuk menangani kebutuhan file-sharing, messaging, dan kegiatan print-sharing

 

Server ini biasanya ditenagai teknologi Core i3, Core i5, atau Core i7, memori sebesar 2GB, dan 2 drive penyimpanan dengan kapasitas 1-2 Terabyte berteknologi SATA atau SCSI. Lalu lintas data bagi server ini membutuhkan ethernet dengan kecepatan 10/100 Mbps.

 

Server jenis ini dapat berbentuk tower maupun rack-mount. Server berbentuk rackmount dapat diletakkan pada sebuah rak yang ramping agar menghemat ruang. Jenis server entry-level atau value ini paling pas bagi perusahaan skala kecil yang ingin mengelola pusat data perusahaan.

 

Mid-range Server

Jenis server Midrange diperuntukkan bagi perusahaan dengan pengguna berjumlah 20-100 orang. Tipe pekerjaan yang mampu ditangani lebih luas dan banyak dibanding jenis server entry-level. Midrange server mampu menangani beberapa tugas bersamaan. Prosesor yang dipakai umumnya 2 hingga 4 processor Intel Xeon atau AMD Opteron basic series, memory sebesar 8GB, 10 drive berteknologi SCSI yang telah didukung konfigurasi RAID.

 

Server ini punya teknologi redundant, hot-pluggable hard drive, pendingin, dan lebih dari 1 power supply sehingga mampu menjaga server tetap menyala sepanjang waktu. Sedangkan, fungsi redundant adalah mengambil alih drive utama yang mati atau gagal berfungsi dengan baik tanpa mengganggu layanan yang sedang bekerja. Anda bisa memperbaiki kerusakan tanpa membuat server down.

 

Jenis server perusahaan midrange juga tersedia dalam bentuk tower konvensional maupun rack-mounted berukuran 1U hingga 3U.

Blade Server

Server perusahaan satu ini dikenal dengan kemampuan hemat daya dan ruang yang luar biasa. Blade server umumnya tersusun pada satu rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, processor, dan network adapter yang terintegrasi. 

 

Papan pada server inilah yang disebut blade dan dapat digeser keluar masuk dengan mudah. Beberapa rak dari blade server bahkan didesain agar bisa memuat ratusan server dalam satu rak. Server tipe ini tersambung dengan kabel yang tersusun secara paralel. Oleh karena itulah, jenis server perusahaan ini dapat memakai power supply, pendingin, dan ruang penyimpanan secara bersamaan. Dikarenakan server ni memiliki fitur pluggable layaknya mid-range server.

 

Server kategori blade ini hanya memiliki single-processor, namun karena jumlahnya bisa mencapai ratusan, jenis server ini bisa dipakai sebagai web hosting dan layanan lain seperti e-commerce. Vendor besar seperti IBM bahkan telah mengembangkan kemampuan blade server yang menggunakan teknologi multi-processor.

 

Bila Anda ingin memiliki data center berbiaya rendah, server perusahaan ini bisa jadi pilihan. Blade server mengkonsumsi daya yang jauh lebih rendah dari server jenis apapun. Pasalnya, server ini menggunakan low-voltage processor yang mengkonsumsi daya rendah dan menghemat ruang pada data center karena ukurannya yang relatif kecil.

 

Enterprise server

Jenis server ini punya kemampuan dan kapabilitas yang paling mumpuni dalam menangani pekerjaan barat. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1000 pengguna yang bergantung pada database yang besar, data warehousing, dan aplikasi e-commerce. Server ini biasanya dijumpai pada perusahaan penerbangan, kantor pemerintah, bank, perusahaan media seperti stasiun TV, universitas, dan perusahaan retail dengan skala besar.

 

Christina Morillo/Pexels

 

Selain server, perhatikan juga perbedaan jenis router seperti router OS dan router Board agar Anda dapat memilih jenis yang paling sesuai untuk usaha Anda.

Setelah memahami jenis server dan router yang cocok untuk usaha Anda, saatnya melirik koleksi server dan pernak-perniknya yang tersedia di laman Smartcomputerindo. Kami menyediakan PC Server, rack, router, switch, SMB server rack, SMB server tower, hingga modem.

 

Smartcomputerindo sebagai penyedia perkakas dan perangkat IT terlengkap telah dipercaya banyak perusahaan dan lembaga pemerintahan. 

 

Dengan lebih dari 10 kantor cabang di seluruh nusantara yang melayani instalasi gratis, Anda akan memperoleh proses pembelian yang menyenangkan mulai dari transaksi yang mudah dan instan hingga layanan purna-jual yang mumpuni. Selamat berbelanja server untuk kebutuhan data center Anda.

 

Sumber

https://books.google.co.id/books?id=XwPierYspWkC&pg=PA204&dq=pc+server+perusahaan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjA8rOxqMfsAhXG6nMBHTocBhwQ6AEwAXoECAEQAg#v=onepage&q=pc%20server%20perusahaan&f=false