Jangan Sembarangan Pilih Kertas Cetak Foto, Ini Strateginya!

Posted By smartcomputerindo | 21 January 21 | Merchant Highlight

Anda punya kegemaran fotografi baru-baru ini? Jangan sembarang pilih kertas cetak foto, ya. Sebab, menurut Gramedia Printing, permukaan kertas dapat mempengaruhi hasil cetakan. Tentu rasanya kurang puas bila momen bahagia Anda diabadikan dalam dokumen fisik yang kualitasnya kurang baik.

Bagaimana Kertas Cetak Foto Mempengaruhi Hasil Cetak?

Stocksnap

 

Jenis kertas mempengaruhi hasil cetak secara keseluruhan karena tiap kertas menghasilkan warna yang berbeda. Coba saja bandingkan cetakan di atas kertas art paper dengan hasil cetak di kertas koran.

 

Tingkat kecerahan sebuah kertas juga akan mempengaruhi spektrum warna dan kecerahan pada gambar yang dihasilkan. Tinta yang dipakai untuk cetak offset lembaran umunya bersifat transparan, sehingga warna dasar kertas turut mempengaruhi warna di atasnya.

 

Daya serap kertas terhadap minyak juga akan mempengaruhi kualitas cetak foto. Sebab, hal ini sangat berkaitan dengan kualitas pengeringan tinta di atas kertas. Lama atau cepatnya pengeringan akan mempengaruhi kualitas cetakan. Semakin lama kering, semakin besar terjadinya potensi set off yang mempengaruhi kualitas cetakan yang dihasilkan.

Menurut Majalah Print Media, beberapa kriteria ini biasanya dijadikan acuan untuk memilih kertas cetak foto yang baik:

  1. Kertas yang baik untuk mencetak foto memiliki lapisan padat mengkilap (glossy). Semakin tinggi kandungan glossy pada kertas tersebut, semakin tinggi detail gambar yang dihasilkan.

  2. Jenis kertas untuk mencetak foto umumnya tidak terlalu tebal.

  3. Pada bagian belakang kertas tidak terdapat pori-pori. Tujuannya agar kertas cetak foto tak mudah menyerap air.

  4. Kertas foto yang mahal belum tentu baik kualitasnya. Kertas dengan harga murah yang telah memenuhi 3 kriteria di atas sudah tergolong ideal. 

Memahami & Memilih Kertas Cetak Foto yang Ideal

Fshoq!Blog

Sesuaikan Kebutuhan. 

Umumnya, 1 sheet kertas foto akan berisi 20 lembar. Jika Anda akan mencetak 100 lembar, maka diperlukan 5 sheet. Bila Anda memang berniat untuk sering mencetak foto di masa mendatang, ada baiknya sekalian memilih 1 sheet berisi 100 lembar karena harganya cenderung lebih murah. 

 

Jenis-Jenis Kertas Cetak Foto

Kertas untuk mencetak foto umumnya memiliki permukaan yang lebih mengkilap, biasa kita sebut dengan glossy. Kertas glossy bisa membantu menghasilkan warna yang tajam. Lapisan glossy inilah yang membuat foto digital hampir sama dengan foto film (seluloid). Jenis kertas foto glossy pun banyak jenisnya, mulai dari glossy biasa, glossy high, hingga glossy soft

 

Kertas doft atau kertas matte ini adalah kebalikan dari glossy. Ciri khas permukaannya redup dan tidak mengkilap. Jenis kertas foto ini cocok untuk Anda yang lebih suka pewarnaan soft.

 

Kertas laminasi pada dasarnya adalah kertas glossy atau doft yang telah dimodifikasi sehingga tampak lebih artistik. Misalnya lapisan kanvas atau warna kilap. 

 

Pilih Kertas yang Cocok untuk Printer Anda

Dalam mencetak foto, ketebalan kertas menjadi unsur yang penting diperhatikan. Foto atau gambar yang dicetak umumnya memiliki banyak komposisi warna sehingga membutuhkan porsi tinta yang besar juga. 

 

Efeknya, porsi tinta yang dikeluarkan akan mempengaruhi kebutuhan akan ketebalan kertas. Jika tinta dan pewarnaan yang dikeluarkan cukup banyak, pilihlah kertas cetak foto yang agak tebal. Tujuannya mencegah gambar yang tercetak tidak menembus ke bagian bawah sehingga kurang enak dipandang.

 

Ketebalan kertas glossy umumnya sekitar 6-8 mm. Namun, ada beberapa printer yang didesain khusus untuk kertas yang tipis. Mungkin saja kertas yang terlalu tebal justru membuat printer Anda macet. 

 

Perhatikan juga ukuran kertas cetak foto dan kapasitas printer. Jangan sampai Anda membeli kertas A5, sedangkan printer Anda hanya mampu menampung kertas ukuran A5. Umumnya, printer standar mampu mendukung kertas ukuran A4 dan letter. Kadang, kertas cetak foto juga perlu disesuaikan dengan brand printernya. Hal ini berpotensi menghasilkan kualitas cetak yang lebih baik.  

 

Untuk itu, sesuaikan ketebalan kertas cetak foto dengan spesifikasi printer dan intensitas pencetakan yang Anda lakukan.

 

Bagi Anda yang lebih suka mencetak foto yang tajam, kaya warna, dan penuh detail, Smartcomputerindo punya solusinya. Kami menjual produk kertas cetak foto glossy keluaran Blueprint dengan harga terjangkau. 

 

Blueprint Indonesia

 

Tersedia beragam ukuran dan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik di sini untuk berbelanja sekarang!

 

Sumber

http://www.gramediaprinting.com/article/detail/47#:~:text=Tingkat%20kecerahan%20sebuah%20kertas%20akan,juga%20akan%20mempengaruhi%20warna%20diatasnya.

http://lppm.istts.ac.id/files/mass-media/1/kGXYr1zl1phNlYbWN7jxyYU9aDnft1wh.pdf

https://books.google.co.id/books?id=KgFFt4niZ_EC&pg=PA25&dq=kertas+foto&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjpgYmu_qvuAhXZX30KHcaqBJcQ6AEwAHoECAAQAg#v=onepage&q=kertas%20foto&f=false

https://books.google.co.id/books?id=wAPJiQY8VEwC&pg=RA1-PA96&dq=kertas+foto&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjpgYmu_qvuAhXZX30KHcaqBJcQ6AEwBHoECAUQAg#v=onepage&q=kertas%20foto&f=false