Kompor Induksi, Inspirasi Kado Imlek untuk Umur Panjang

Posted By smartcomputerindo | 11 February 21 | Merchant Highlight

Tinggal beberapa hari lagi menjelang perayaan imlek. Ketimbang memberikan hampers yang sudah umum, mengapa tak coba kado imlek lain yang lebih kreatif? Kompor induksi contohnya. Alat masak ini bisa dikatakan punya filosofi yang sejalan dengan imlek, yakni harapan untuk memulai tahun baru dan berumur panjang. Kok bisa?

Kompor Induksi adalah Langkah Memulai Hidup Sehat

pixabay.com

 

Salah satu perabot modern yang akan menambah keindahan dalam dapur kita adalah kompor listrik. Induksi magnetik telah diterapkan sejak dasawarsa yang lalu di beberapa negara Eropa dan Jepang, di dapur-dapur umum, dan belum lama ini di Amerika, di dapur-dapur komersial. Sekarang teknologi ini mulai masuk ke rumah-rumah.

 

Cara kerja kompor induksi sama seperti cara kerja induksi magnetik pada motor listrik dan generator. Ketika konduktor listrik ditempatkan pada daerah bermedan magnet, akan dihasilkan listrik pada konduktor tersebut.

 

Bagaimana prosesnya untuk memasak? Pada kompor induksi, elektromagnet ditempatkan di bawah permukaan masak. Ketika arus bolak-balik mengalir dalam elektromagnet, medan magnet terbentuk secara cepat. Arus Eddy akan dihasilkan di atas pelat logam yang dijadikan elektromagnet menimbulkan resistansi panas pada alat masak di atas kompor. 

 

Kelebihan kompor induksi adalah suhu pemanasan yang bisa diatur lebih baik dibanding jenis kompor lainnya. Sebab, ketika besaran kekuatan elektromagnetik berubah, panas yang dihasilkan kompor dapat menyesuaikannya dengan cepat. 

 

Kompor induksi juga memiliki efisiensi panas yang tinggi, yaitu hampir semua energi listrik diubah menjadi kalor dan tidak hilang ke lingkungan. Hal ini membuat proses memasak dapat diselesaikan lebih cepat. Suhu udara dalam ruangan juga lebih mudah mendingin daripada saat memasak memakai kompor tradisional. Menurut penelitian, kompor induksi berefisiensi sekitar 80%, kompor listrik biasa sekitar 50%, dan kompor gas sekitar 30%. Dalam hal ini dapat menyingkat waktu memasak hingga setengahnya.

 

Apa hubungannya dengan hidup sehat dan umur panjang? Dengan menjaga suhu dan level panas yang tepat, kandungan nutrisi pada bahan masakan akan tetap terjaga dengan baik. Anda bisa menikmati masakan rumahan yang kandungan nutrisinya tepat untuk kesehatan.

 

Selain itu, kompor induksi terkenal dengan sifatnya yang ramah energi dan ramah lingkungan. Kompor ini bekerja lebih cepat tanpa menciptakan api dan asap. Tahukan Anda bahwa asap atau sisa pembakaran yang tidak sempurna sangat berbahaya?

 

Menurut data WHO, pada 2012 saja, jumlah kematian akibat polusi dapur mencapai 43, juta jiwa di seluruh dunia. Jumlah ini tak mengherankan bila menilik fakta bahwa teknik memasak tradisional dengan arang atau kayu bakar mengeluarkan zat pencemar perusak kesehatan yang lebih tinggi. Ngerinya lagi, polusi udara bisa memperpendek usia manusia hingga 20 bulan.

 

Selain meminimalisir asap dapur, kompor induksi juga membuat penggunanya terhindar dari resiko lain. Misalnya kebocoran tabung gas atau terkena luka bakar. Secara otomatis, kompor induksi lebih aman bagi anak-anak karena umumnya tak terasa panas saat disentuh, bahkan beberapa dari produk tersebut dilengkapi dengan fungsi child safety lock.

Kompor Induksi vs Kompor Listrik

Pixabay.com

 

Kompor induksi berbeda dari kompor listrik dalam hal berikut Bila kompor listrik membangkitkan panas melalui hambatan listrik logam (burner coil atau elemen), kompor induksi membangkitkan panas melalui hambatan magnetik logam di dalam alat memasak sendiri. 

 

Tidak seperti kompor listrik, resistansi panas timbul di dalam alat masak saja, tidak memanaskan elemen pemanas. Inilah sebabnya kompor induksi membutuhkan alat masak dengan material khusus seperti besi. Alat masak dari tembaga, keramik, atau gelas akan tetap dingin jika diletakkan di atas kompor ini.

 

Beginilah kira-kira proses memasak dengan kompor induksi. Di bawah permukaan keramik yang halus dan cantik pada kompor tersebut, terdapat beberapa kumparan kawat seperti kumparan dalam sebuah transformator. Saat salah satu kompor dinyalakan, arus listrik PLN yang bolak-balik dengan frekuensi 50 atau 60 Hertz mulai mengalir melalui kumparan itu. Setiap kali listrik mengalir melalui kumparan kawat, ia akan membuat kumparan tersebut berfungsi layaknya sebuah magnet dengan kutub utara dan selatan. 

Memilih Kompor Induksi Terbaik

Cosmos Induction Cooker CIC 991 dapat menjadi pilihan kompor induksi terbaik sebagai inspirasi kado imlek. Dengan 9 fungsi memasak: boil water; steam; soup; hot pot; frying; fast cooking; stir fry; constant temperature, Anda hanya membutuhkan daya awal sebesar 300 watt saja.

 

Kompor ini dibuat dengan alas keramik berkualitas tinggi yang mudah dibersihkan. Kompor induksi Cosmos ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal sendiri maupun keluarga karena dayanya yang hemat dan bentuknya yang portabel. 

 

Anda yang sering memasak di dekat jangkauan anak-anak pun tak perlu khawatir karena plate kompor telah dirancang agar tak terasa panas sekalipun disentuh dalam keadaan memasak. Cosmos Induction Cooker CIC 991 juga dilengkapi sistem pengamanan bertingkat yakni mati secara otomatis jika tak menyentuh tombol apapun, dan adanya alarm peringatan dan pengamanan dari jangkauan anak.

 

Cosmos.id

 

Anda bebas menyesuaikan kematangan setiap bahan masakan dengan pengaturan suhu dan waktu secara manual. Kompor induksi keluaran Cosmos ini akan membuat proses memasak jadi lebih praktis, hemat, aman, sekaligus sehat karena bebas dari polusi.

 

Dengan harga kurang dari 900 ribu saja, Anda bisa mendapatkan kompor induksi terbaik, Cosmos Induction Cooker CIC 991, di Smartcomputerindo. Klik di sini sekarang, Anda akan mendapat garansi resmi service center dari Cosmos, garansi resmi selama satu tahun, dan free steamer pot

 

Sumber

https://cosmos.id/product/cosmos-cic-991-induction-cooker-9in1-free-steam-pot/

https://books.google.co.id/books?id=RnBnDwAAQBAJ&pg=PA5&dq=kompor+listrik&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiXo9be6ODuAhWSXisKHT_QDvwQ6AEwBHoECAYQAg#v=onepage&q=kompor%20listrik&f=false

https://books.google.co.id/books?id=iRjaMNNhJIsC&pg=PA128&dq=kompor+induksi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi41MmF5-DuAhVC4XMBHQ6QDZAQ6AEwAHoECAEQAg#v=onepage&q=kompor%20induksi&f=false

https://books.google.co.id/books?id=aJd9mrmEOj8C&pg=PA323&dq=kompor+induksi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi41MmF5-DuAhVC4XMBHQ6QDZAQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=kompor%20induksi&f=false

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/28/181700276/9-keunggulan-kompor-induksi-yang-perlu-diketahui?page=all