Tips Memilih Cartridge Printer yang Awet untuk Usaha Anda

Posted By smartcomputerindo | 12 November 20 | Productivity

Memilih cartridge bisa menjadi tricky saat Anda salah pilih dan printer Anda malah jadi tak bisa bekerja. Untuk menghindari kesalahan dan membuang-buang uang, perhatikan tips berikut sebelum membeli cartridge printer yang tepat!

Sesuaikan Printer dengan Cartridge

Jannoon28/Freepik

 

Beberapa printer mungkin menggunakan cartridge dengan jumlah dan model yang berbeda. Misalnya, series HP OfficeJet Pro 6230 memiliki series cartridge warna dengan kode HP 934 (Black), dan HP 935 (Cyan, Magenta, Yellow). Perlu menjadi catatan bahwa beberapa model printer hanya bekerja pada beberapa cartridge spesifik saja.

 

Bagaimana cara menentukan cartridge untuk masing-masing model printer? Ada dua cara yang bisa dicoba, Anda bisa melihat nama atau series cartridge printer pada kemasan cartridge lama Anda. Informasi tersebut biasanya disajikan secara jelas pada label atau bagian ‘cartridge replacement’ maupun ‘device maintenance.’ Pada kardus cartridge umumnya juga sering diselipkan kartu  berisi nama atau angka setiap cartridge warna.

 

Perhatikan juga beberapa seri cartridge yang seringkali bervariasi tergantung lokasi geografis tempat printer dijual.

Cara lain untuk melihat cartridge selain dari kemasan lawas dan buku manual adalah mengunjungi retailer online. Sebutkan saja perusahaan manufaktur yang memproduksi printer beserta model printer yang Anda punya.

Sesuaikan Cartridge dengan Kebutuhan Aktivitas Print Anda 

Joshua Fuller/Unsplash

 

Kebutuhan printing seperti apa yang ingin difasilitasi oleh keberadaan printer? Hal ini akan mempengaruhi pemilihan cartridge

 

Pasalnya, cartridge printer dikenal dalam dua kualitas yakni standar atau high-yield (XL/XXL). Perbedaan keduanya terletak pada kemampuan masing-masin cartridge dalam mencetak file sebelum mereka mengering.

 

Apakah usaha Anda termasuk kategori rumahan yang tak banyak membutuhkan aktivitas printing? Anda bisa memilih standard ink cartridge. Jika usaha Anda memiliki kebutuhan mencetak dokumen secara rutin, pakailah cartridge jenis XL atau XXL yang akan menghemat biaya cetak per halaman.

Ingat bahwa setiap manufaktur cartridge printer biasanya menjadikan 5% dari cakupan area cetak sebagai acuan dalam memperhitungkan kapasitas printing halaman. Jika Anda mencetak halaman yang area cakupan tintanya lebih dari 5%, kapasitas pencetakan halaman pun akan berkurang secara otomatis.

Putuskan Antara ‘Cartridge Ori’ atau ‘Cartridge Kompatibel’

Pricelesstoners.com

 

Cartridge original tetap merupakan kualitas terbaik. Mereka telah dirancang secara spesifik dan unik untuk memfasilitasi masing-masing printer. Sayangnya cartridge Original Equipment Manufacturer (OEM) ini dijual dengan harga premium karena sebagian besar pendapatan perusahaan manufaktur printer berasal dari penjualan cartridge tinta. 

 

Sedangkan, Anda juga dapat menjumpai cartridge kompatibel yang dibuat oleh selain perusahaan manufaktur, sebut saja pihak ketiga. Cartridge printer ini tetap bisa bekerja dengan model printer yang berbeda dan menawarkan penghematan biaya yang signifikan. Cartridge ini bersifat generik dan mampu menurunkan biaya cetak halaman hingga 50%. 

 

Jenis terakhir adalah remanufactured OEM cartridge. Artinya, cartridge ori namun lawas dari perusahaan manufaktur yang akhirnya diisi dan diperbaiki dengan hati-hati melalui fasilitas pihak ketiga. 

 

Cartridge jenis ini sifatnya fungsional dan lebih murah dari OEM baru. Sifat recyclenya juga berkontribusi dalam mengurangi limbah e-waste.

 

Namun, perlu menjadi catatan bahwa tak semua remanufactured ink cartridge akan cocok dengan model printer Anda. Belilah dari seller original yang terpercaya. Cara mengidentifikasinya adalah mencari penjual yang menjual cartridge dengan brand spesifik, memiliki sertifikasi ISO, menjamin kualitas dan garansi produk, serta menyediakan telpon dan email dalam menjual produk.

Berpartisipasi dalam Langganan Cartridge Printer

Wikimedia Commons

 

Beberapa perusahaan telah menyediakan layanan berlangganan cartridge printer mengingat banyak klien membutuhkan rutinitas printing tingkat tinggi. Sebut saja HP Instant Ink, Brother, Epson (beberapa seri EcoTank dan SuperTank), serta Canon Mega Tank. Program ini rata-rata akan mengurangi biaya pembelian cartridge secara satuan sekaligus biaya printing per halaman.

 

Sudah memahami kebutuhan printing dan cartridge yang tepat untuk Anda? Saatnya melihat katalog cartridge di Smartcomputerindo. Tersedia berbagai macam cartridge warna, cartridge printer, maupun toner yang dapat disesuaikan dengan kapasitas pencetakan usaha Anda! Cartridge yang bisa Anda pilih pun tersedia dari berbagai prinsipel seperti cartridge Canon, HP, Brother, dan lainnya.

Smartcomputerindo sebagai partner pengadaan barang dan jasa pemerintah telah dipercaya oleh berbagai lembaga dan kementrian. Anda pun akan disambut customer service yang sigap dan ramah, serta layanan purna jual lengkap yang disertai instalasi gratis di lebih dari 10 kantor cabang Smart di seluruh nusantara.

Beli cartridge Anda sekarang di sini!

Sumber

https://inspirationfeed.com/choose-the-right-ink-cartridge-for-your-printer/

 

https://www.ldproducts.com/blog/get-to-know-brothers-monochrome-toner-cartridges/?__cf_chl_jschl_tk__=44d8ece0c9be23f9fe99be233b76678a46345d78-1605151557-0-AbKZlZxPQOg9FsE7Yq8F07iqwYIJCqwPhFTXwjf-hbJPpXqsfjovnlfaQKQ7Vw-Gwz3F02IYeu3-afW5uYq9mPYvb2zYaVvJckcuvyFVm3EvfYRgdKeBPRoXkcRtdah890BEwmfVKil0WoyuqLl-Psm6V8n29_cIiq78_M1GNOvWmiAKyLG5d3esX9UWtL3nLrmRBq4uzPlzSsT8VG-um52CZTynw2scCpEVD9FuCivyjn4iAJ03o9PyfAFpBbk28VNJ7qsC27WTDsAQIMA0pdHokjp6abzjvaKGk4ONeA-GQ2HaqhD8yvLKVdvLOmh9y19y7cuu2lQ3yy-BylWyoHTxjfKlToCFhTLGAVsAcMjAe5zqkKJR1-U6g0Dh_OYQn-ZPjaPnvn2oTH9p4BXfTjw